Latihan / Soal Nihongo Kurasu 06 (Sabtu, 26 November 2016)

[Latihan 06 Sabtu, 26 November 2016] Ini dia soal latihan edisi ke-6 grup NiKu^^. Soal masih dari bang Adito Kitagawa (^・^). Soal kali ini lumayan gampang-gampang susah. Silahkan buat para member untuk mengerjakan soal Latihan ini, dikumpul pada jam 20:00 WIB ya^^. Selamat mengerjakan.

Pembahasannya tunggu nanti malam, atau besok (27 Nov 2016) ya^^.

Ini dia soalnya, ada 2 jenis pertanyaan. Pertanyaan pertama adalah tentang memilih partikel yang tepat sama seperti sebelumnya. Dan yang kedua adalah materi dokkai. Silahkan pahami textnya kemudian pilih jawaban yang tepat yang sesuai dengan kalimatnya ya^^. Selamat mengerjakan.

Soal Latihan 06 BJB NiKu

📝 [Pembahasan Latihan 06]
👥 BJB NiKu 日本語クラス
📆 Sabtu, 26 Nobember 2016

Maaf baru ngeshare sekarang😅
Ada beberapa jawaban aku nggak yakin, jadi mesti nanya-nanya dulu😁.

Soal nomor satu hanya menambahkan partikel-partikel menjadi sebuah kalimat yang utuh dan lazim

1. 明日かあさって友達の家に行きます
Ashita ka asatte tomodachi no ie ni ikimasu
Besok atau lusa, saya akan pergi ke rumah teman

Jawabannya partikel か (Bisa juga menggunakan と artinya jadi "dan")、の、に

Soal nomor dua adalah membaca dan memahami kalimatnya setelah itu menjawab dengan jawaban yang tepat sesuai kalimatnya.

2. 下の文章は、3月2日の日記です
Shita no bunshou wa sangatsu futsuka no nikki desu
Kalimat di bawah adalah diary tanggal 2 Maret

3月2日 日曜日
Sangatsu futsuka nichiyoubi
Minggu, 2 Maret

今日はテニスの練習に行った。テニス練習に入って、もう三ケ月だ。
Kyou wa tenisu no renshuu ni itta. Tenisu renshuu ni haitte, mou sankagetsu da
Hari ini aku pergi berlatih tenis. Aku sudah tiga bulan ikut latihan tenisu

いつもは仕事ばかりで体を動かさないので、とてもいい運動になる。
Itsumo wa shigoto bakari de karada o ugokasanai no de, totemo ii undou ni naru
Biasanya sulit menggerakkan badan karna kerja melulu, menjadi olah raga yang sangat bagus.


今日テニス教室の先生に「上手になりましたね」と褒められた
Kyou tenisu kyoushitsu no sensei ni "Jouzu ni narimashita ne" to homerareta
Hari ini aku dipuji oleh Guru kelas tenis "Sudah jadi pandai ya"

Jawabannya に. Bentuk passive ya ini, せんせいにほめられる= dipuji oleh guru

テニスは練習するならおもしろくなる。それから、いい友達もできた。いつも一緒に練習している田中さんだ
Tenisu wa renshuu suru nara omoshiroku naru. Sore kara, ii tomodachi mo dekita. Itsumo issho ni renshuu shite iru Tanaka-san da.
Tenis itu kalau kau berlatih menjadi menarik. Dan aku juga mendapat teman baik. Dia adalah Tanaka-san yang selalu berlatih bersamaku.

Jawabannya adalah 練習するなら (Ini yg aku gak yakin jawabannya, makanya nunda ngeshare dulu, aku jawabnya 練習すればするほど = semakin berlatih semakin menarik😅 Sampai sekarang otakku blum sreg mana jawaban yang bener).  Setelah mencoba menanya-nanya ke teman Jepang katanya A atau B bisa digunakan^^, jadi buat yang menjawab A atau  B keduanya benar wkwkw, keduanya punya dalil masing-masing eh.

Ini penjelasan bang Adito Kitagawa. "Klo pake surebasuru hodo bntuk akhirnya gkan lampau, Klo pake nara bisa lampau bsa gg Trus klo diartikan bhsa indonesiapun pake surebasuru hodo kurang mecing. Kalo berlatih jadi bisa kan yaa...

田中さんは真面目で親切な人だ。今度一緒に試合に出る約束をした。私も田中さんも試合に出るのは初めてなので、もっと練習が必要だ。
Tanakasan wa majime de shinsetsu na hito da. Kondo issho ni shiai ni deru yakusoku o shita. Watashi mo Tanaka-san mo shiai ni deru no wa hajimete na no de, motto renshuu ga hitsuyou da.
Tanaka-san adalah teman yang serius dan baik. Kami tlah berjanji tampil di kejuaraan bersama nanti. Karna aku dan Tanaka-san baru pertama kali tampil di kejuaraan jadi butuh latihan lebih.

Jawabannya: 出るのは = deru no wa karna waktu kejadiannya belum terjadi jadi menggunakan bentuk kamus biasa.

それで、練習からは週に2回練習に行くことにした。
試合に勝てるように、頑張って練習しようと思う
Sore de, renshuu kara wa shuu ni nikai renshuu ni iku koto ni shita.
Shiai ni kateru you ni, ganbatte renshuu shiyou to omou
Jadi, kami memutuskan untuk pergi berlatih dua kali dalam seminggu.
Ku pikir agar bisa menang kita harus semangat berlatih

Jawabannya adalah それで. Sorede itu = jadi, Ada sebab dipernyataan sebelumnya

Dan yang terakhir jawabannya yang paling tepat adalah ~ように yang artinya agar, supaya.

Oke, cukup itu saja, jika ada yang ingin bertanya atau ingin menambahkan silahkan^^.
Beberapa hasil dari para member:




Baiklah, cukup sekian^^ hihi, soal yang dibuat bang Adito Kitagawa susah banget ya :D, aku pun ke susahan, bikin puyeng, tapi asyik sih, semakin sulit semakin mengasyikan wkwkw. Baiklah sampai jumpa lagi di Latihan minggu depan, semoga nggak ada yang kapok XD.
Latihan / Soal Nihongo Kurasu 06 (Sabtu, 26 November 2016)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise