Katakana Renshuu 01 (Senin 7 November 2016)

Setelah mempelajari hiragana, kita masih harus memastikan Katakana terlebih dahulu sebelum mulai memasuki pelajaran Kanji. Sama seperti hiragana renshuu yang pertama. Tugas kali ini adalah menulis masing-masing 10 kali huruf-huruf katakana yang ada di gambar di bawah. Pastikan menulisnya sesuai dengan urutan strokenya ya^^.

Tujuan dari katakana renshuu adalah agar terbiasa menulis katakana sesuai dengan urutan yang semestinya, untuk urusan bunyi/cara bacanya saya yakin semua member sudah pada hafal pelafalannya dengan baik^^. Latihan ini juga bisa bisa dibilang masih pemanasan sebelum memasuki Kanji Lesson.

Katakana list

Tugas akan dikumpul malam ini (senin) mulai pukul 20:00 WIB.

Selamat mengerjakan(^o^)/.

Hasil dan Info Tambahan Katakana Renshuu

Penggunaan Katakana

  • Digunakan untuk mentranskripsi kata serapan, istilah, nama atau kata benda asing (bukan kata asli bahasa Jepang). Seperti アメリカ (nama negara, meski ada penulisan versi kanjinya 亜米利加 namun lebih banyak ditulis dengan katakana), テレビ (kata serapan dari television).
  • Digunakan untuk menuliskan bunyi atau suara (onomatopoeia). Seperti ドキドキ/ドクンドクン (bunyi jantung berdetak), ワンワン (suara anjing menggongong).
  • Digunakan untuk penekanan kata. Jika dalam bahasa latin itu seperti kata yang ditandai efek bold atau italic.
  • Digunakan untuk menuliskan cara baca onyomi, sedangkan kunyomi ditulis menggunakan hiragana.

Catatan:

Semua hatsuon katakana sama dengan hiragana. シ shi, チchi, ツ tsu, フ fu memiliki cara baca yang sedikit berbeda dari susunannya.
Perlu diingat: penulisan ソ so、ツ tsu garis panjangnya ditulis dari atas kebawah, sedangkan ン n、シ shi ditulis dari bawah ke atas dan tidak begitu tegak.

Beberapa Hasil Tulisan Pilihan yang sudah mengerjakan^^: 







Artikel lainnya: Aplikasi Game Seru untuk Menghafal Kana

Yeah, banyak member baru yang join dan ikut mengerjalan lesson katakana renshuu ini(≧▽≦) ureshii, makin banyak yang ikutan, sekarang tiap lesson sudah mencapai 30an member yang ikut. Semoga di kelas-kelas berikutnya semakin banyak yang ikutan(^o^)丿 minna, jikai, motto ganbarimashou.
Katakana Renshuu 01 (Senin 7 November 2016)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner