Tentang Kelas BJB (Bahasa Jepang Bersama), Peraturan dan Jadwal Pelajarannya

Mina-san konbanwa hisashiburi desu ne(≧▽≦) lama nih tak update. Gomen ne kemarin kemarin lagi sibuk mengurus jadwal dan pengelolaan grup BJB bersama anak-anak grup yang masih bertahan walau grupnya sempat mati suri cukup lama tak ada update, hanya berisi obrolan biasa.

Alhamdulillah setelah kurang lebih setengah bulan mendiskusikannya akhirnya grup BJB shokyuu jadwal dan rulesnya sudah fix dan grupnya sudah jalan lagi dari minggu lalu, ureshii(≧▽≦), makasih yang sudah kasih saran, masukannya, dan juga terima kasih banyak buat minna yang ngebantuin mengelola grupnya, ngasih materi juga, hontou ni arigatou gozaimasu❤(ӦvӦ。).

Berkat kerjasama para member akhirnya grup BJB shokyuu (Sekarang bernama Nihongo Kurasu) bisa berjalan sesuai seperti harapan saat dibangun yakni menjadi tempat untuk mempelajari bahasa Jepang bersama yang tidak bisa kita lakukan sendirian. Fokus dari Grup shokyuu ini adalah melatih kemampuan menulis dan berbicara dalam bahasa Jepang karna dua hal ini biasanya yang paling sulit dilakukan kalau kita belajar sendirian (otodidak). Skill riizhu paling payah di dua ini(≧∇≦)b tulisanku jelek banget, ngomong bahasa Jepangnya juga masih gagu. Semoga dengan hadirnya grup BJB shokyuu ini skill kelemahan riizhu karna belajar secara otodidak bisa terlengkapi(*゚∀゚) aamiin ya, Allah, mudahan grupnya bisa jalan terus dari generasi ke generasi. Aamiin m(_ _)m.
Kelas Bahasa Jepang Bersama

Rules Grup BJB Shokyuu (Nihongo Kurasu)

Demi menjaga grup tetap tentram, dapat berjalan sesuai semestinya dan bisa menjadi tempat untuk belajar bahasa Jepang bersama gratis yang tak kalah dengan kelas / kursus berbayar maka dibuatlah beberapa peraturan yang harus dipatuhi semua member. Rulesnya sendiri cukup sederhana sebenarnya, mulai dari dilakukannya seleksi untuk perekrutan member baru karna yang bakal direkrut hanyalah pelajar yang memang mempunyai niat ingin belajar bahasa Jepang, bukan yang niatnya hanya musiman saja.

Ciri-ciri yang formulir pendaftarannya akan di aprove adalah;
  • data - data profilenya valid
  • dinilai dari alasan dia ingin bergabung
  •  jika telah mengirimkan hasil lesson salah satu yomikaki maka 99% pasti akan diinvite^^.
  • dinilai dari materi bahasa Jepang yang juga menjadi syarat bergabung dibuat dengan sepenuh hati, bukan semata-mata copasan doang, copas boleh tapi harus disampaikan dengan penyampaian gaya sendiri
Tiga hal itu saja yang akan menjadi pertimbangan apakah diapprove untuk bergabung di group atau tidak. Susah apa gampang syaratnya? Kalau bagi yang memang niat dan serius belajar bahasa Jepangnya pasti gampang banget syaratnya tapi bagi yang belajar bahasa Jepangnya musiman aja pasti merasa sedikit kesulitan.

Aturan di dalam Grup BJB:

Setelah permintaan joinnya disetujui dan diapprove member baru wajib MOS(^O^)v perkenalan diri, buat tugas nulis nama dan kota asal menggunakan katakana lalu fotonya di upload di album Perkenalan. Dan berikut adalah rules di dalam grup yang harus kita patuhi bersama;
  • Materi yang menjadi syarat/mahar bergabung juga harus di share di note grup setelah join (Jadi pastikan sebelum mengisi formulir kamu juga menyimpannya ya)
  • Dilarang bahas politik, isu sara dan hal-hal yang memicu keributan dan perpecahan
  • Boleh share materi bahasa Jepang apa saja di note, max 3 materi per hari
  • Dilarang menginvite orang lain join ke grup (invitenya akan dibatalkan karna untuk join grup harus melalui prosedur)
  • Dilarang menghapus konten di grup kecuali yang memang milikmu sendiri (hanya boleh menghapus yang kamu share)
  • Wajib mengisi absen mingguan meskipun tidak mengikuti kelas apapun di minggu tersebut. Tidak mengisi absen selama sebulan dan tak ada kabarnya akan dikeluarkan dari grup
*Peraturan sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan

Jadwal dan Penjelasan Pelajaran Mingguan di Grup BJB Shokyuu

Jadwal:
Senin: Kanji (20:00 WIB)
Rabu: Yomikaki (20:00 WIB)
Jumat: Shiritori (19:30 WIB)
Sabtu: Latihan (20:00 WIB)
Minggu: Bunpou (20:00 WIB)

*Diharapkan jam 19:30 WIB sudah pada stand by
*Minggu: Kaiwa day (lebih diutamakan chat menggunakan bahasa Jepang)
*Setiap member diharuskan ikut aktif saling share materi di note kapan saja
*Sebagian materi di note akan dishare ke akun OA dan blog BJB dengan sedikit di edit

Penjelasan Tentang Kelas - Kelas di Grup BJB Shokyuu (Nihongo Kurasu)

Kanji;

Setiap hari senin belajar menulis 5 buah kanji, menghafal kosakata-kosakata yang menggunakan kanji tersebut, cara baca onyomi, kunyominya dan juga artinya. Setiap member bertugas untuk menuliskan kanjinya beserta kosakata-kosakata yang menggunakan kanji tersebut. Kanji-kanji yang telah dipelajari akan di post di Album grup. 

Yomikaki;

Setiap member diwajibkan merekam VN (Voice Note) dan meyetorkannya pada malam kamis mulai dari jam 20:00 WIB secara serentak, nanti pada jam itu juga akan dikupas bersama kalimat-kalimatnya biar semua pada mengerti maknanya dengan baik dan bisa menambah kosakata baru juga^^.

Shiritori;

Shiritori adalah permainan menyambung kata bahasa Jepang, orang yang menjawab dengan kata yang berakhiran n dinyatakan kalah karna tidak ada kata yang berawalan dengan n dalam bahasa Jepang. Permainan dilakukan malam sabtu mulai jam 20:00 WIB sampai selesai. Harus tertib dan sabar menunggu giliran, 3 menit tidak menjawab maka gilirannya akan di skip dan langsung dilanjutkan oleh giliran selanjutnya. Jika ada yang ingin ikut di saat gamenya telah berlangsung maka gilirannya adalah setelah orang dengan urutan giliran terakhir.

Shiken/ Latihan;

Di grup shokyuu kita akan mengisi bersama-sama soal latihan bahasa Jepang, setiap minggunya latihannya bisa berbeda-beda mulai dari pilihan ganda, acak kata sampai essay :D, tergantung admin yang menshare. Tenang soalnya tetap disesuaikan dengan level Shokyuu kok, jadi yang dishare antara soal level N5 dan N4. Nanti akan diberi sekitar 5 soal yang akan di share sekitar 3 - 5 jam lebih awal dari jam lessonnya, jika semua sudah jawaban, jawaban akan dikumpul mulai jam 20:00 WIB kemudian akan kita bedah soalnya sampai semua member mengerti, jangan sungkan untuk bertanya jika masih ada yang tidak dimengerti.

Bunpou;

Bunpou berarti grammar dalam kelas ini kita akan mempelajari pola-pola grammar dan juga kosakata bahasa Jepang. Setelah kita mempelajarinya maka kita akan bersama-sama membuat reibun (contoh kalimat) yang menggunakan pola grammar atau kosakata yang kita pelajari di jam kelas tersebut dengan menggunakan VN (Voice Note).


Selain dari jadwal tersebut, semua member bebas untuk menshare materi bahasa Jepang mengenai apapun di note, dan boleh mengobrol hal-hal yang masih berhubungan dengan bahasa Jepang^^. Diharapkan semua member saling sharing materi ya, biar semakin banyak pelajaran yang bisa kita pelajari.Semoga grupnya bisa jalan lama bahkan kalau bisa terus jalan selama-lamanya dan generasinya terus tumbuh(・∀・) kalau member yang lain apa harapannya untuk grup ke depannya?.
*Terjadi beberapa perubahan rules, lebih lengkap dan rules terupdate silahkan buka documentnya disini.

Yosh, insya Allah mulai sekarang setiap kegiatan yang dilakukan di grup akan dishare juga di blog ini dan akan dibuat satu kategori/label khusus "Kelas BJB" untuk postingan-postingannya\(^o^)/ mina-san, ganbarimashou!.
Tentang Kelas BJB (Bahasa Jepang Bersama), Peraturan dan Jadwal Pelajarannya

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise