Pembahasan Soal Latihan 02 Nihongo Kurasu (Sabtu, 29 Oktober 2016)

Memasuki minggu kedua soal/latihan 02, kali ini soal-soalnya diberikan oleh bang Adito XD terima kasih buat Adito-senpai, banyak yang kesulitan menjawabnya soalnya cukup memusingkan :D. Kita lihat dulu yuk soalnya:

Soal Latihan 02 Nihongo Kurasu, Sabtu, 29 Oktober 2016

1. かぜを( ) 、頭がいたいです
A. ひいて B. なって C. して  D. おきて

2. のどがかわいたので、コーラを5本( )飲んでいました
A. しか B .だけ C. も D. を

3. タバコは体にわるいので、( )ほうがいいですよ
A. やめて B. やめた C. やめる D. やめない

4. [わたしは学生です]( )トノさんは言いました
A. を B. が C. に  D. で

5. お金がないので( )も買いません
A. やすい  B. やすなくて  C. やすくて  D. やすかった


*Untuk kanji jika tidak bisa menulisnya boleh menggunakan hiragana saja.

Hint kanji
頭 = atama
本 = hon/pon (hitungan untuk benda panjang/berbentuk bundar panjang)
飲む = nomu
体 = karada
学生 = gakusei
言う= iu
お金= okane
買う= kau

Soal dikumpul serentak jam 20:00 WIB
Jika ada yang tidak dimengerti silahkan tanyakan disini.

Sebelum membaca hasil dan jawabannya kamu juga bisa mencoba menulis soal latihan dan menjawabnya setelah itu baru lanjutkan membaca hasilnya dibawah ini dan silahkan pahami makna dan hafal kosakatanya ya^^.

Hasil Pembahasan Soal Latihan 02 Grup Nihongo Kurasu

1. かぜをひいて、頭がいたいです
kaze o hiite, atama ga itai desu
aku kena flu dan kepalaku sakit

Jawabannya adalah hiite. Kaze o hiku=terkena flu

2. のどがかわいたので、コーラを5本も飲んでいました
nodo ga kawaita no de, koora o gohon mo nonde imashita
karna haus, aku minum cola sampai-sampai 5 botol

Jawabannya adalah も

􀔃􀅊!!!􏿿nodo ga kawaku=haus/tenggorokan kering. karna tenggorokan haus banget, jadi sampai minum 5 botol cola

􀔃􀅊!!!􏿿も di situ artinya 5 botol "juga" sampai sampai

􀔃􀄚???􏿿Partikel も di situ fungsinya buat apa sensei?

pola bilangan+ partikel も memiliki arti "sampai". も disitu artinya juga (namun lebih bagus diartikan sampai/hingga)

Ilustrasinya dia itu lg haus bgt,, smpe" gg sengaja/gg sadar mnum cola smpe 5 botol

Ga pake partikel を karena sebelumnya udh dipakai coba cek kembali soalnya.

3. タバコは体にわるいので、やめたほうがいいですよ
karna rokok itu tidak baik untuk tubuh, jadi lebih baik berhenti

Jawabannya やめた, karna bentuk ほうがいい ditempelinnya ke kata kerja bentuk lampau.

􀔃􀄚???􏿿ごめん dimana nya melihat lampau sensei.. karena ada bunpou nya jg sebelum hou ga bentuk kamus

💡 Ada bunpou yg begini  〜ほうがいい。
Ada 2 versi
1. K.kerja bntuk lampau + ほうがいい。
Artinya lebih baik ......
2. K.kerja negatif ( nai kei) + ほうがいい。
Artinya itu sebaiknya jangan......

A: kalau kata kerja bentuk kamus + hou ga ii itu menyatakan perbandingan

􀔃􀄚???􏿿Q: Senpai q masih bingung nih sama soal yg ini, yg bener jawabannya yg yameta apa yameru...bukannya itu rumusnya pakai ta+hou
A: Yang benar yameta hou ga ii, karna menyaranin untuk berhenti soalnya ngerokok nggak baik untuk tubuh
Sushi yori sashimi o taberu hou ga suki desu
aku lebih suka makan sashimi daripada sushi  <<<ini perbandingan

💡 watashi no tomodachi ga "sushi yori, sashimi o tabeta hou ga ii yo" to itta  <<< ini saran😅

💡Kalau lihat konteks/situasi kalimatnya pasti cpet ngerti, kalau cuma baca kalimatnya aja agak susah memahaminya. Biasanya kan perbandingan diucapkan oleh kita sendiri, trus saran kita ucapkan ke orang lain atau sebaliknya

💡 kalau untuk perbandingan pke taberu hou ga ii, tapi kalau memberikan saran ke orang gunain tabeta hou ga ii

💡 Yg pertanyaan tadi memberikan saran untuk berhenti ngerokok jadi pke ta hou ga ii😁

4. [わたしは学生です]とトノさんは言いました
Tono-san berkata "Saya adalah pelajar/murid"
Jawabannya と, karna ada kutipan sblumnya, と ditempelkan pada kalimat kutipan

􀔃􀄚???􏿿Jd fungsi と disitu mengutip pembicaraan sebelumnya y, Aku pikir artinya jd "dan" Mksh buat penjelasannya sensei

💡 Iya fungsi と juga bermacam2 jadi perlu diperhatikan dulu kalimatnya

5. お金がないのでやすくても買いません
Karna tidak punya uang, meskipun murah tetep gak bisa beli

jawabannya やくて

💡 no. 5 itu bentuk te mo (meskipun), cuma mo nya ditinggal di soal^^ jadi mesti cermat meniliti soalnya ya.


Oke, selesai sudah kelas Soal Latihan O2 Grup BJB Shokyuu (Sekarang berganti nama jadi Nihongo Kurasu) cukup banyak mendapat ilmu-ilmu baru bahkan bagi para senpai yang menjelaskan pun mendapat ilmu-ilmu baru juga^^ senang bisa belajar bersama kalian semua digrup dan senang kita bisa saling memberikan pemahaman satu sama lain hingga akhirnya kita semua bisa menjadi lebih memahim materi kali ini, terima kasih buat yang bertanya juga^^ pertanyaan-pertanyaan kalian sangat membantu untuk lebih memahami kalimat-kalimat soalnya. Dan juga aku sangat senang melihat kalian sangat serius mengerjakan latihan kali ini. Salah menjawab tidak penting yang penting setelah ini kita jadi memahami semuanya sekarang, apalah arti nilai jika ilmunya tidak ada kan^^.
Pembahasan Soal Latihan 02 Nihongo Kurasu (Sabtu, 29 Oktober 2016)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise