Official Akun LINE dan Grup Bahasa Jepang Bersama | Belajar Bahasa Jepang Bersama Official Akun LINE dan Grup Bahasa Jepang Bersama | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Official Akun LINE dan Grup Bahasa Jepang Bersama

Official Akun LINE Bahasa Jepang Bersama


BJB memiliki akun official line sekarang(^_^)/ namanya BahasaJepangBersama dan insya allah nantinya di akun LINE@ tersebut tidak hanya akan menshare update postingan terbaru dari blog ini saja, tapi juga akan sharing materi pelajaran lainnya, dan juga akan sharing info mengenai Jepang, anime jadi akan lebih banyak sharing, terlebih lagi nanti jika ada yang bersedia membantu menjadi admin di OAnya pasti akan lebih banyak lagi info dan materi yang dibagikan(^_^)/ jadi ditunggu saja perkembangannya, info lebih lanjut silahkan check langsung ya dengan cara menambahkan akunnya di kontak LINE kalian di OAnya sudah tertulis lengkap info-infonya, ada juga info mengenai grup chat BJB juga. Jika ada hal yang ingin ditanyakan langsung chat id admin "riizhu" ya, juga kalau kamu memiliki ide/saran untuk pengelolaan akun @ dan Grup Chat BJB sampaikan juga ya, kami sangat menantikan saran kalian semua agar OA dan Grupnya bisa dikelola dengan baik. (^o^)/ ini adalah link menuju akun OA BJB .
Friends Added

Grup Chat LINE Bahasa Jepang Bersama

Mengelola grup memang susah ternyata, grup chat BJB sudah beberapa kali nonaktif karna muncul berbagai masalah pengelolaan. Di mulai dari pertama dibuat grupnya hanya berjalan selama 2 minggu saja setelah itu muncul masalah karna member-membernya memiliki tingkat kemampuan bahasa Jepang yang berbeda-beda, jadi susah menentukan pembahasan dan materi-materi apa saja yang sebaiknya dishare. Lalu setelah sekian lama akhirnya dipikirkan solusinya bersama-sama hingga akhirnya dibuat lagi grup lainnya, jadi sekarang grupnya ada 3 buah ada shokyuu (pemula) chuukyuu (menengah) dan pop culture (bahas seputar Jepang dan tempat mengobrol bebas) Nihongo Kurasu, Nihongo Shaberou dan Nihon Bunka Daishuukai. Dan alhamdulillah ada beberapa member yang bersedia memberikan materi setiap harinya di grup, akhirnya grupnya di jalankan lagi^^. Namun lagi lagi grupnya hanya berjalan kurang lebih satu bulan setengah dan muncul lagi masalah yang membuat grup chat BJB akhirnya kembali tertidur lagi (read: nonaktif) dikarenakan beberapa relawan memiliki kesibukan di dunia nyatanya masing-masing. Dan dari sini request join terpaksa dihentikan dulu daripada nanti hanya membuat mereka kecewa karna grupnya hanya menjadi grup nonaktif saja, tak ada materi yang dibahas tak seperti yang mereka harapkan. Cukup lumayan lama nonaktif, beberapa anggota juga mulai pada meninggalkan grupnya dan banyak yang sudah tidak aktif di grup lagi walau masih berada di dalam grupnya.
JOIN OA dan GRUP LINE BJB

Setelah melihat masih banyaknya requestan join grup, dan kesibukan juga sudah agak berkurang akhirnya muncul lagi keinginan untuk menghidupkan lagi grupnya. Tapi sebelumnya solusi masalah yang sebelum-sebelumnya harus tidak boleh terjadi lagi, akhirnya diadakan diskusi beberapa hari membahas bagaimana mengelola grupnya nanti dan bersama-sama mencari solusi agar masalah yang lama tak terulang dan solusi untuk mengantisipasi masalah berikutnya yang kemungkinan bisa saja terjadi.

Cukup panjang ceritanya ya(≧∇≦)b, itu udah banyak yang di skip lho, kalau dibahas mulai dari awal yang dimana grupnya hanya dijadikan buat wadah praktek kaiwa dan main shiritori saja bisa lebih panjang lho, apalagi kalau diceritakan drama-drama dan konflik-konflik yang terjadi, beeeuuuh bisa ngalamih tebalnya kamis KBBI nanti. 

Sistem baru Grup Chat BJB

Dan inilah sistem baru dari grupnya yang diharapkan kali ini grupnya bisa benar-benar berjalan sesuai yang diharapkan dan dapat menjadi tempat buat member-membernya meningkatkan kemampuan bahasa Jepang. Mulai dijalankan pada 01 Oktober 2016. Sistem baru kali ini sebenarnya cukup simple, hal utamanya hanyalah agar membuat anggota-anggotanya bisa saling sharing materi tak peduli baik masih pemula atau dah tingkat menengah, semua member diharapkan sesekali dapat memberikan materi dan dishare di note grup (sharing materi bukan berarti mengajari lho) setelah itu maka nanti akan didiskusikan bersama-sama, yang sudah mengerti menjelaskan kepada yang belum mengerti, boleh bertanya-tanya, boleh melengkapi/mengoreksi jawaban yang sudah ada.

Diskusi mengenai pengelolaan grup dalam hal jalannya grup masih belum sepenuhnya sempurna sih, baru poin-poin utamanya aja, untuk detailnya masih akan terus dibahas dan selalu diperbarui sambil dijalanin, saran dari kalian juga masih ditunggu^^, jika ada masalah yang muncul, langsung didiskusikan mencari solusi terbaik.

Balik lagi deh awal dibentuknya grup adalah untuk melengkapi hal-hal yang tidak bisa dilakukan saat hanya belajar di blog, atau buku-buku pelajaran saja. Hal-hal yang bisa dilakukan dalam grup adalah praktek kaiwa, bertanya, diskusi, berbagi tips and trik belajar, rekomendasi aplikasi atau situs belajar bahasa Jepang, saling sharing materi satu sama lain, dan saling memperbaiki ke salahan, jadi setiap anggota diharapkan bisa belajar secara aktif dan saling berbagi materi yang dibahas.

Mulai hari senin sampai kamis adalah hari untuk bahas materi pelajaran, siapa saja boleh berbagi materi, tinggal tulis di note nanti setelah itu akan di diskusikan bersama-sama hingga semuanya dapat mengerti materinya(^o^)丿. Di shokyuu class (Sekarang berubah nama menjadi Nihongo Kurasu) bisa ngeshare materi dari level N5 dan N4. Di chuukyuu class (Sekarang menjadi Nihongo de Shaberou) bisa ngeshare materi dari level N3 hingga N1, dan di Pop Culture (Sekarang menjadi Nihon no Bunka Daishuukai) kamu bisa ngeshare hal jejepangan apa saja, animanga, budaya, musik apa saja.

Shokyuu:
Senin-Kamis: Materi Lesson (N5-N4)
Jumat: Shiritori game (20:00 WIB)
Sabtu: Materi Quiz/latihan (N5-N1)
Minggu: Kaiwa Day (romaji only)

Chuukyuu:
Senin-Kamis: Materi Lesson (N3-N1)
Jumat: Materi Quiz/latihan (N3-N1)
Sabtu: Shiritori (kanji game) (20:00 WIB)
Minggu: Kaiwa Day

Pop Culture:
Bebas mau bahas hal jejepangan kapan saja, dan biar nanti mudah mencari/membaca ulang jadi apa yang dibahas nanti sebisa mungkin di catat di note ya, dan bahkan bisa main shiritori kapan saja ketika lumayan banyak anggota yang on di grup ini.

#Jadwalnya masih akan terus diperbarui

*Masiih didiskusikan untuk memanfaatkan fitur grup call untuk belajar.

Info tentang perkembangan rules grup terupdate silahkan cek di document ini: https://docs.google.com/document/d/1Ht-LHwx0CQFKOvaUB1AIUci5kMAeLrMLPTzXFp--uBs/edit?usp=sharing

Yuk, siapa yang mau join^^ silahkan pilih mau masuk di grup mana, boleh lebih dari satu, info join di grup ada di OA BJB ya(^o^)/ silahkan ditambahkan. Jika sudah lumayan banyak yang bergabung digrupnya maka nanti akan ada sedikit perubahan syarat gabungnya.

Hal yang perlu diingat bagi setiap anggota jika ingin bergabung:
*Harus berani aktif di grup
*Tidak takut melakukan kesalahan
*Tidak ada pengajar (disini sistemnya saling mengajari, semua anggota sama, yang lebih mengerti menjelaskan kepada yang belum mengerti^^)
*Sebelum join kuasai dulu materi pemula banget dan pemula aja^^.

Download: Pemula banget
Download: Pemula aja

De wa mina-san, yoroshiku onegaishimasu. Mohon kerjasamanya ya m(_ _)m mari menciptakan suasana grup dimana seluruh anggotanya merasa nyaman, nggak cuma jadi SR, berani aktif dan tidak takut salah. Kan kita sama-sama belajar jadi wajar melakukan kesalahan, jika kamu takut maka tidak akan bisa berkembang(。>﹏<。) yosh, minna ganbarimashou!(ㆁωㆁ*).
Baca Juga

3 komentar:

  1. Saya sudah berteman dengan sensei riizhu di line..boleh saya gabung k grup bjb.. please

    BalasHapus
  2. Rizu-san nama grup oa bjb ko gda ya? Ak mo lgsg lwat web ga bs, mhon bntuanya. Mngkn ad id nya grup nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok, silahkan klik aja ADD FRIEND line yang ada di sidebar blog ini. Atau bisa scan QR code yang ada di sebelah kiri jika menggunakan pc.

      Hapus

Pastikan menampilkan nama/username saat berkomentar, jika usernamenya "Unknown / Tidak diketahui" maka komentarnya tidak bisa ditampilkan.