Aplikasi Belajar Kyouiku Kanji Sederhana untuk Android | Belajar Bahasa Jepang Bersama Aplikasi Belajar Kyouiku Kanji Sederhana untuk Android | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Aplikasi Belajar Kyouiku Kanji Sederhana untuk Android

Shitte iru kai? Dulu saya belajar kanji cuma dari aplikasi java sederhana saja lho bernama Kanji recal, disana terdapat 1006 Kyouiku kanji (dari grade 1 sampai grade 6) dan alhamdulillah berhasil menghafal semuanya kurang dari satu bulan^^, setiap hari saya menargetkan menghafal sebanyak 100 huruf dengan durasi belajar 6 jam perhari, cara saya belajar pertama hafal 10 kanji dulu, lalu setelah menghafalnya saya buat kuis/practice hingga 100x correct dari 10 huruf itu, setelah itu ulangi prosesnya dengan menghafal 10 huruf lainnya hingga bisa sesuai target 100 kanji perhari. Kalau semua lancar 1006 kanji bisa dihafal dalam waktu 10 hari, tentu saja kita masih harus ngecheck dan review hafalan kanji kita lagi dan untuk review check ulang hafalan kyouiku kanji kita mungkin 10 hari cukup lah, jadi dalam 20 hari semua kyouiku kanji dari grade 1 sampai 6 clear(^_^).

Setelah itu tinggal jadikan membaca text bahasa Jepang menjadi kebiasaan sehari-hari kita deh, di awal-awal membaca text bahasa Jepangnya biasanya kalau ketemu kanji kita masih tebak-tebakan ya cara bacanya soalnya kita menghafalnya masih per huruf bukan per kosakata, misal ketemu 金額 dalam pikiran kita ada beberapa kemungkinan cara baca kingaku, kanehitai, kongaku kinhitai dan kemungkinan lain, ini biasa ya, nanti lama-lama juga bakal terbiasa dan tiap lihat kanji itu pasti nanti bakal baca dengan "kingaku" apalagi kalau kita sudah tau arti kosakatanya. Jadi tugas selanjutnya setelah hafal kanji kita harus membiasakannya membacanya perkosakata(^_^) nanti kita juga bakal menemukan kanji yang memiliki cara baca yang sangat berbeda, ada juga kanji yang dibacanya menjadi bunyi tebal seperti 松林 (matsubayashi padahal kanjinya matsu dan hayashi).

Eh ini kenapa jadi bahas tips menghafal kanji ya^^ padahal tadi niatnya pengen review sebuah aplikasi Android untuk menghafal kyouiku kanji. Yuk kembali ke laptop, bisa dikatakan kalau aplikasi kanji yang akan riizhu share/review kali ini adalah versi terbarunya dari aplikasi Kanji recall untuk java dulu soalnya fitur-fiturnya hampir sama dan kanji yang dihafal juga sama dari grade 1 hingga grade 6 yang berjumlah total 1006. Nama aplikasinya adalah School Kanji.

School Kanji home

Maksud dari school kanji adalah kyouiku kanji (kanji pendidikan) yaiti list kanji yang dipelajari di sekolah dasar di Jepang mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 SD. Setiap grade berjumlah mulai dari 150 hingga 200 kanji.
School Kanji grade 1 - 6
Saat pertama menjalankan aplikasi ini terdapat 3 menu pilihan, Learn, Practise dan Search Kanji. Untuk belajar menghafal silahkan pilih Learn lalu terdapat pilihan gradenya dari 1 sampai 6 silahkan pelajari secara bertahap.
School kanji list
Kalau sudah lumayan banyak dihafal, yang dihafal arti, onyomi dan kunyomi nya ya, kalau guratannya juga dihafal malah lebih bagus, tapi riizhu dulu cuma menghafal arti, on dan kun saja sih awalnya^^. Silahkan sering-sering practisenya ya, sampai sobat yakin bahwa telah benar-benar menghafal semua kanjinya misalnya nih sudah melakukan practise hingga 1000x untuk list kanji grade 1 dengan persentasi jawaban benar sekita 90% lebih, silahkan lanjut menghafal list kanji grade 2 dengan prosedur yang sama^^ sampai sobat berhasil hingga grade 6.
School kanji naka

School kanji soil

school kanji oto
Untuk menu search kanji sepertinya masih terjadi bug ya, soalnya riizhu ketikan apapun mulai dari cara baca, menggunakan bahasa Inggris tidak ada tampil apa apa, tapi tidak begitu penting juga menu ini, jadi fokus di Learn dan Practise saja ya^^. Silahkan yang tertartik, search di play store masing-masing "Kanji School".

Aplikasi lainnya: Aplikasi Menghafal Kana Sambil Bermain Game Dojo

Perlu diingat yang paling menentukan keberhasilan kita dalam menghafal kanji adalah semangat dan tekat yang kuat, tanpa itu secanggih apapun aplikasi yang kita gunakan tetap takkan bisa membuat kita hafal kanji kalau tidak memiliki tekat yang kuat. Jadi sebelum memulai tanamkanlah tekat yang kuat ya dan belajarnya dengan sungguh - sungguh dan buatlah target yang ingin dicapai(≧▽≦)/ minna faito!.
Baca Juga

Komentar