11th - 16th Day: Belajar Bahasa Jepang di Situs anime-manga.jp

Minggu - Jumat 21-26 Agustus. Konbanwa(^ム^) selamat malam teman-teman, baiklah di malam hari ini izinkan riizhu untuk menulis laporan mengenai hari-hari riizhu belajar di situs anime-manga.jp sebuah situs yang berisi pelajaran bahasa Jepang yang sering digunakan dalam manga dan anime. Dikarnakan saya jarang dirumah jadi hanya punya waktu sedikit untuk membuka laptop, belajar di hp nggak bisa karna harus membutuhkan flash player T.T)a.

Belajar di Situs anime-manga.jp

Minggu 11th Day: Hari pertama belajar di situs anime-manga.jp riizhu langsung belajar Manga Scene: Samurai karna menurut riizhu bahasa yang paling susah dimengerti itu adalah bahasanya para samurai dan juga dialek kansai khususnya osakaben. Saat membaca manga scene: samurai hmm tidak begitu banyak tulisannya dan alhamdulillah tidak banyak kosakata dan kanji yang tidak riizhu mengerti, tapi kalau kakimojinya masih pusing (ーー;) memang mesti belajar lebih banyak lagi nih tentang memahami kakimoji manga Jepang. Sekitar 1 jam baru selesai membacanya, karna saya baru lanjut ke page berikutnya kalau sudah mengerti betul, dan cukup lama ngulang2 suara sound effectnya XD. Setelah selesai membaca manga scene: samurai lalu saya sisihkan waktu sekitar 10 menit untuk mengambil test sound effect, dan hasilnya menjawab sebanyak 50 pertanyaan cuma benar dengan persentasi 74% hadduh masih tergolong payah nih(¯―¯٥).

Senin 12th Day: Keesokan harinya saya belajarnya lagi di situs tersebut, masih belajar di manga scene kali ini saya pilih edisi School. Dari keempat scene yang tersedia kurasa ini yang paling mudah riizhu mengerti, bahasanya juga sangat ringan sekali tidak perlu banyak mikir, kurang dari 1 jam selesai dan 10 menit untuk quiz kakimojinya(;^ω^)kali ini dapat persentasi benar 77%, masih sangat kurang, soalnya kan ini pilihan ganda dan pilihannya cuma 2 buah saja. Karna masih ada waktu jadi saya lanjut mempelajari manga scene: Love, karna saya membacanya sambil membayangkan adegan-adegannya dan juga dengerin sound kakimojinya dan riizhu catat juga kosakata yang riizhu tidak ketahui. Gak sempat selesaikan waktu keburu habis(︶^︶) padahal tinggal 3 page lagi. Yasudah lah lanjutin besok harinya saja.

Selasa 13th Day: Setelah bisa kembali membuka laptop saya langsung buka situs anime-manga.jp dan menyelesaikan manga scene: love dan tentu saja dengan berlatih sound effectnya, dari 50 pertanyaan cuma benar 75% =.=)a padahal di 25 pertanyaan pertama sudah dapat persentasi 90% tapi setelah itu malah sering salah jawabnya. Maa, lanjut ke manga scene yang terakhir yaitu kategori Ninja. Ternyata cukup sulit juga bahasanya, di manga scene ninja banyak kosakata yang tidak riizhu ketahui(*_*) dan sangat banyak sound effect yang sangat susah untuk diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Setelah itu test kakimoji sebentar mungkin sekitar 30 pertanyaan dengan persentasi cuma 75% saja, masih harus belajar banyak tentang sound effect nih. Belajar di manga scene telah tuntas dalam waktu 3 hari, untuk test quiz vocabulary dan kanji riizhu tidak pelajari, cuma mempelajarinya dari hp saja di app Ankidroid, yomikata, akubi dan aplikasi Android lainnya^^.

Rabu 14th Day: Hari keempat belajar di situs anime-manga.jp tinggal belajar di satu sesi saja yakni Character Expressions, pertama-tama riizhu mempelajari Character Line Up disini terdapat 8 orang berbeda yang menggunakan gaya bahasa yang berbeda-beda ada boy, girl, scrapper, samurai, old man, butler, lady dan osakan. Kosakata yang riizhu tidak ketahui riizhu catet untuk dihafal nantinya, kebanyakan sih dari samurai dan osakan(@_@) osakan bahasanya aneh-aneh. Kurang lebih sekitar satu jam setengah akhirnya riizhu selesai mempelajari seluruh kata dari ke-delapan karakter, yeah hari ini berjalan sangat mulus sesuai yang dipikirkan, setiap diwaktu luang riizhu sempatkan untuk membuka catatan dan mencoba menghafal prasa-prasa yang telah riizhu catat.

Kamis 15th Day: Hari kelima belajar di situs anime-manga.jp kali ini riizhu membuka Character Expression > Character Dictionary target hari ini bisa menyelesaikan dari karakter Boy, Girl, Scrapper dan Samurai. Yang pertama dan yang paling mudah saya langsung pelajari karakter Boy (anak laki-laki) dari ke-8 karakter mungkin anak laki-laki ini yang paling mudah dimengerti, bahasanya bahasa Jepang sebaya biasa yang sangat sering digunakan di anime dan manga. Untuk karakter ini tidak ada kata yang dicatat dan langsung lanjut ke gaya bahasa Girl (bahasa anak perempuan) gaya bahasa ini juga sudah cukup familiar dan tidak begitu sulit juga, hanya ada beberapa catatan saja di hatsuonnya yang berubah. Selanjutnya riizhu lanjut mempelajari gaya bahasa Scrapper (anak berandalan) ini juga sangat sering ditemukan di anime jadi sudah cukup familiar juga dengan bahasa Jepang kasar ini bahkan kadang sering ke bawa dalam kehidupan nyata gaya bahasa ini(*^^)v padahal bahasanya kasar. Dan target terakhir di hari ini adalah gaya bahasa bahasa Jepang jadul ala para samurai, dalam karakter dictionary: samurai ini cukup banyak kosakata yang riizhu catat. Target hari ini selesai, tapi berhubungasih ada waktu lagi jadi lanjut lagi deh ke gaya bahasa old man (orang tua), ternyata lumayan sulit juga bahasa kakek-kakek ini banyak juga kata dan prasa yang riizhu catat dari gaya bahasa old man ini, kebanyakan sih hatsuonnya yang berubah jadi aneh jauh banget dari bahasa standarnya(≧▽≦).

Jumat 16th Day: Hari keenam belas riizhu masih di situs anime-manga.jp tinggal 3 karakter lagi yang harus dipelajar dari butler, lady dan terakhir osakan. Tak berlama-lama riizhu setelah membuka laptop riizhu langsung membuka situs anime-manga.jp dan langsung menuju Character Dictionary langsung menuju gaya bahasa karakter favorit riizhu butler yang banyak menggunakan bahasa merendahkan diri (kenjougo) dan meninggikan lawan bicara/menghormati (sonkeigo), cukup banyak catat di gaya bahasa butler ini soalnya riizhu belum begitu banyak mempelajari bahasa kenjougo dan sonkeigo iniv, next lanjut ke bahasanya lady atau tante-tante kebanyakan hampir mirip dengan bahasa Jepang standard jadi tidak banyak catatan di gaya bahasa lady, hanya ada beberapa sinonim kata yang belum riizhu ketahui^^ jadi mesti dihafal. The last gaya bahasa yang bisa dibilang paling sulit, paling aneh dan di anime/manga kadang ada seorang/beberapa karakter yang menggunakan dialek kansai yang aneh-aneh seperti dialek osaka. Dari karakter lain yang paling banyak riizhu catat dari karakter osakan, dari kotoba, grammar dan pronounciationnya banyak yang riizhu tidak ketahui(^o^)/. Sisa waktu yang tersisa riizhu pakai untuk menu test who quiz disana kita menebak prasa karakter siapa. Alhamdulillah dari 50 pertanyaan bisa menjawab benar sebanyak 90%(๑´ڡ`๑).

Next: 17th Day: Menganalisa Kemampuan Diri

Dan akhirnya belajar di situs anime-manga.jp selesai dalam waktu 6 hari, wah lumayan lama juga, dan list catatannya masih harus dibuka tiap hari hingga benar-benar hafal. Wah laporan kali ini sepertinya menjadi laporan paling panjang, lebih dari 1000 kata dan 7000 karakterヽ(^。^)ノ jaa, sampai jumpa lagi dilaporan berikutnya, nggak terasa tinggal 14 hari lagi challengenya, ganbaru ze❤(ӦvӦ。).
11th - 16th Day: Belajar Bahasa Jepang di Situs anime-manga.jp

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise