4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Memulai Belajar Bahasa Jepang

Mina-san konbanwa, bangohan o mou tabemashita ka? Selamat malam sobat BJB semuanya^^ sudah pada makan belum nih? untuk malam ini saya hanya akan berbagi tips kepada para pemula yang masih bingung untuk memulai darimana dulu pelajaran bahasa Jepang yang harus dipelajari. Hmm sebenarnya sih darimanapun kita start menurutku sama saja, tapi akan lebih bagus jika kita memulai belajar bahasa jepangnya dititik yang tepat^^ dan kali ini saya ingin berbagi tentang 5 hal atau pelajaran yang harus kamu pelajari saat ingin memulai belajar bahasa Jepang, hmm pelajaran-pelajaran apa sajakah yang sebaiknya kamu pelajari, langsung saja inilah 5 hal yang harus dipelajari orang-orang yang baru memulai belajar bahasa Jepang.

Menghafal Huruf Hiragana Dan Katakana

Yang paling pertama dilakukan saat belajar bahasa Jepang adalah menghafal semua karakter hiragana lalu diikuti dengan menghafal katakana, kenapa huruf Hiragana dan Katakana harus dipelajari lebih dulu? karna jika kamu sudah menghafal semua huruf Hiragana maka kamu pasti akan tau semua pengucapan-pengucapan dari kata berbahasa Jepang karna semua kata bahasa Jepang bisa ditulis semuanya menggunakan Hiragana saja, Huruf hiragana itu sudah mencakup semua bunyi dalam bahasa Jepang, dan kamu juga akan lebih mudah memahami konjugasi-konjugasi dari kata kerja bahasa Jepang, misalnya nih saat kata kerja konjugasi bentuk masu, mungkin bagi orang yang belum belajar huruf Hiragana akan kebingungan kenapa kata kerja Katsu menjadi Kachimasu, dan Hanasu menjadi Hanashimasu dalam konjugasi masu form sedangkan yang lain yang termasuk kata kerja kelompok pertama tinggal ganti u menjadi i lalu tambahkan masu, tapi bagi orang yang sudah belajar huruf Hiragana mereka pasti mengerti karna dalam baris konsonan t, adalah ta chi tsu te to, dan juga tidak ada huruf "si", melainkan hanya huruf "shi". Dan pastinya masih banyak lagi keuntungan yang bisa kamu dapat dari menghafal Hiragana dan Katakana. Selain itu untuk menghafal semua huruf Hiragana dan Katakana juga tidak memakan banyak waktu, hmm paling lama ya sebulan lah pasti kamu sudah hafal semuanya^^.

Menghafal Kosakata Umum Yang Sering Digunakan Sehari-hari

Meski di dalam kamus terdapat puluhan juta kata, namun hanya sekitar 1% sajalah kata yang sering di gunakan oleh orang-orang, dan jika kita berhasil menghafal kata yang 1% itu saja maka kita sudah bisa mengerti sebanyak 90% bahasa Jepang, dan 99% kata yang tak banyak dipakai orang tidak perlu dihafal, karna itu jangan terlalu menghafal kosakata dari kamus^^ gunakan kamus hanya untuk mencari kata yang ingin kamu cari tahu artinya. Dan kosakata bahasa Jepang yang perlu kamu hafal adalah kosakata-kosakata yang umum digunakan orang banyak, jadi hafalah sebanyak mungkin kosakata umum bahasa Jepang, mengenai caranya saya rasa semua orang mempunyai metode belajar kosakata yang berbeda-beda, ada yang dari flash card, tapi sebaiknya bagi pemula hafallah kosakata-kosakata yang kita temukan saat belajar grammar bahasa Jepang^^.

Mempelajari Konjugasi Dan Grammar Dasar

Berikutnya adalah mempelajari konjugasi-konjugasi dasar, konjugasi adalah perubahan-perubahan kata seperti konjugasi bentuk negatif, bentuk lampau, bentuk permintaan, konjugasi kata benda, konjugasi kata sifat dan lain-lain. Dan pelajari juga grammar-grammar dasar seperti te iru, no ni, kara, te mo, pengelompokan kata kerja, kata sifat dan sebagainya. Pastikan pemahaman kamu terhadap grammar dasar ini kuat, karna biasanya untuk mempelajari grammar tingkat lanjut membutuhkan pemahaman grammar dasar, grammar dasar adalah grammar level N5.

Memahami Fungsi Partikel-partikel Bahasa Jepang

Dan yang terakhir adalah memahami fungsi partikel-partikel bahasa Jepang, karna untuk memahami kalimat bahasa Jepang secara sempurna kita perlu memahami partikel-partikelnya, seperti fungsi partikel yang biasanya mengikuti subject partikel wa, mo dan ga, dan partikel yang mengikuti object partikel wo, ni, e dan de dan partikel lainnya, partikel sangat berperan penting dalam memahami strukture bahasa Jepang.

Itulah 4 hal yang harus dilakukan saat kamu ingin memulai belajar Bahasa Jepang. Dan jika kamu telah mempelajari semua pelajaran dasar, kamu boleh mencoba belajar huruf kanji sedikit demi sedikit sambil terus mempelajari grammar selanjutnya dan menghafal lebih banyak kosakata, dan jika ingin cepat fasih maka sering-seringlah dipraktekan^^. Hmm panjang juga ya postingan kali ini, baiklah sepertinya kita.sudahi dulu postingan hari ini dan semoga bisa membantu para pemula yang masih bingung untuk memulai belajar bahasa Jepang. Aamiin. saya mohon pamit dulu all, jaa ne mata aou. m(_ _)m.
4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Memulai Belajar Bahasa Jepang
2 komentar

Mitfah さん、ありがとうございます。今はわかりました。

はい、どういたしまして^^。

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise