Tips Melatih Skill Speaking Bagi Pelajar Otodidak Ala Riizhu

Sebagai seorang pelajar otodidak, dari 4 skill bahasa (listening, speaking, reading dan writing), ada satu skill yang paling susah dilatih oleh para pelajar otodidak termasuk saya sendiri dan mungkin sobat-sobat juga kesulitan melatih skill ini dan skill itu adalah speaking. Sangat sulit bagi seorang otodidak untuk melatih skill speaking ini, dikarenakan kurangnya media dan partner-partner yang dapat digunakan, beda ceritaya dengan orang yang ikut kursus atau belajar di universitas kan? kalau di sana mau tidak mau kita akan diajak untuk berbicara bahasa Jepang. Tetapi bukan berarti tidak ada cara sama sekali bagi pelajar otodidak untuk bisa melatih skill speakingnya, malah ada cukup banyak cara sebenarnya jika mereka jeli dan salah satunya adalah cara yang akan saya share hari ini, jadi buat para pelajar bahasa Jepang otodidak tak usah bersedih ya^^, ada banyak jalan menuju Roma.

Dan dibawah ini adalah cara-cara dan usaha-usaha saya (riizhu) dalam meningkatkan skill speaking saya yang mungkin bisa kalian coba juga^^.

Perbanyak berpikir dan berbicara sendiri dengan bahasa Jepang

Sebelum kita bisa berbicara lancar ke orang lain, kita harus bisa dulu berbicara lancar kepada diri kita sendiri dan pastinya juga harus mampu berpikir dengan baik. Contohnya nih kamu melihat ada dua orang lewat, dan cobalah kamu mengomentarinya dalam hati, terserah dengan kalimat seperti apapun mau kalimat paling sederhana atau kalimat yang lebih lengkap atau apapun yang penting memang faktanya seperti itu atau kalimatnya memang benar seperti itu, dari contoh dua orang yang lewat tadi kamu bisa mengatakan kata-kata seperti "hito ga aru" (contoh yang paling sederhana), "ano futari ga arutte imasu" (lebih lengkap) "ano futari wa onna to otoko desu" (lebih spesifik lagi) "ano onna mo otoko mo wakamono desu"  dan masih banyak lagi yang bisa kamu komentari di dalam hati melihat keadaan dua orang itu, dan itu baru dua orang itu saja, gimana dengan keadaan di sekitar kita yang lain? pastinya banyak yang ingin kita ucapkan kan? intinya katakan saja semua kata yang terlintas di pikiranmu tentang hal-hal di sekitarmu toh nggakkan ada juga yang bisa mendengar kata-katamu, hanya dirimu dan Tuhanlah yang tau^^. Selain berbicara dalam hati saya juga sering berbicara pelan kepada diri saya, misal saya melakukan kesalahan, maka saya kadang memaki diri saya sendiri dan berjanji tidak akan mengulanginya, atau disaat sedang ingin mencapai sesuatu, saya sering menyemangati diri saya sendiri dengan berbicara pelan "yareba dekiru, ganbareba kanarazu", "ganbatte! riizhu". kataku pada diriku pelan dan tentu saja saat tak ada orang^^. Jadi inilah tahap awal yang harus kita lakukan untuk meningkatkan skill speaking kita.

Berbicara pada hewan dan benda disekitar

Terkadang ada hal yang luar biasa yang dihasilkan dari aksi gila, ya terkadang saya mengajak 3 kucing saya berbicara bahasa Jepang, mungkin bagi sebagian orang itu gila, tapi bagiku itu adalah cara untuk meningkatkan speaking yang lumayan effectif terkhusus oleh para pelajar bahasa Jepang otodidak dan juga sebagai awal latihan kita untuk menciptakan keberanian berbicara dalam bahasa Jepang kepada orang-orang yang mungkin belum kita kenal. Jadi silahkan jika ingin mengikuti cara gila saya yang satu ini^^ dan jika gila berlanjut hubungi dokter.

Cari teman atau komunitas belajar bahasa Jepang

Memiliki teman yang juga sedang belajar bahasa Jepang akan sangat membantu kita untuk meningkatkan bahasa Jepang kita, bisa saling berbagi ilmu dan bisa juga jadi teman praktek mengobrol/chatting bahasa Jepang^^, kalau susah cari teman di dunia nyata carilah teman di internet^^.  Apalagi kita bergabung dengan komunitas belajar bahasa Jepang pastinya akan tambah banyak lagi kita akan mendapatkan teman seperjuangan dan senior-senior yang dengan suka rela akan membagikan ilmu mereka kepada kita dengan gratis, Jadi sebagai seorang otodidak jangan sampai melupakan hal ini ya^^.

Bicara pada orang terdekat (teman dekat atau keluarga dirumah)

Sebelum kita mencoba berbicara dengan orang asing atau orang Jepangnya langsung, ada baiknya kita mencoba iseng ke teman dan keluarga kita di rumah dengan berbicara bahasa Jepang kepada mereka^^. Jika kita mengucapkannya cukup lancar tanpa keragu-raguan artinya skill speaking kita sudah cukup matang dan telah benar-benar siap untuk dicoba kepada orang Jepang langsung^^.
Sip dah itulah tahap-tahap dan tips-tips untuk melatih skill speaking sebagai seorang pelajar otodidak bahasa Jepang ala riizhu, dan jangan lupakan juga untuk terus meningkatkan skill listening karna skill speaking takkan bisa dikuasai sebelum menguasai skill listening. Ok selesai sudah postingan hari ini, semoga bisa membantu dan bisa bermanfaat, aamiin^^ sampai jumpa lagi besok ya^^.
Tips Melatih Skill Speaking Bagi Pelajar Otodidak Ala Riizhu
2 komentar

Tutarni : Terima kasih atas pembelajaran yang bermanfaat, semoga saya sebagai pembaca mendapatkan banyak wawasan dari Blog ini :)

kalo saya suka chattingan sama orang jepang terus buat facebook ..khusus buat orang jepang dan al hasil
saya ngerti sedikit sedikit mesikupun masih pake bantuan google translate kak :D

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner