Tata Bahasa ~ta tokoro dan ~ta bakari (~たとこと、~たばかり)

おはようみんな!, Selamat pagi semuanya dimanapun anda berada kita berjumpa kembali bersama saya riizhu disini^^, pagi-pagi gini enaknya belajar apa ya? bagaimana kalau belajar grammar? mau ya, baiklah hari ini kita akan mempelajari 2 buah grammar lagi yaitu grammar ~ta tokoro dan ~ta bakari yang memiliki arti cukup mirip. Langsung saja kita pelajari sama-sama grammarnya satu persatu ya.

Tata bahasa ~ta tokoro (~たところ)

Tata bahasa ~ta tokoro ini memiliki arti sesuatu baru saja terjadi atau selesai dilakukan pada saat itu juga. Mungkin kalau bahasa Indonesianya adalah "baru saja". Tata bahasa ini dibentuk dari kata kerja bentuk lampau lalu ditambahkan kata tokoro contohnya "tabeta tokoro" artinya adalah "baru saja selesai makan" kalau kata kerjanya diubah ke bentuk biasa artinya jadi "baru saja akan/mau makan". Dan dibawah ini adalah contoh kalimat yang menggunakan tata bahasa ~ta tokoro.
今 着いた ところ です
ima, tsuita tokoro desu
sekarang ini saya baru saja tiba
仕事が終わったところで電話します
shigoto ga owatta tokoro de denwa shimasu
saya akan menelepon setelah kerjaan selesai
駅に着いたところ列車はもう出てしまっていた
eki ni tsuita tokoro ressha wa mou dete shimatta
kereta yang baru saja tiba di stasiun, sudah keluar
犯人が店から 出てきた ところで 警官に捕らえられた
hannin ga mise kara dete kita tokoro de keikan ni toraerareta
penjahatnya ditangkap oleh polisi ketika baru saja keluar dari toko


Tata bahasa ~ta bakari (~たばかり)

Dan tata bahasa yang kedua yang akan kita pelajari hari ini adalah tata bahasa ~ta bakari yang juga berarti baru saja. Lalu apa perbedaan antara ~ta tokoro dan ~ta bakari? perbedaannya adalah kalau ~ta tokoro itu waktunya pada saat itu juga sesuatunya telah terjadi sedangkan ~ta bakari bisa saja ada jeda waktu terjadinya, misalnya ada yang nanya "onaka suita?"="laper?" terus karna kita sudah makan tadi dirumah dan masih kenyang maka kita bisa jawab dengan "iie, tabeta bakari" "ngga, baru aja makan" (bisa aja dia selesai makannya dirumah baru kesini, artinya ada jedanya lah), trus kalau kamu menjawab "iie, tabeta tokoro"=baru aja selesai makan (kalau kalimat ini, selesai makannya pada saat itu juga dan ditempat itu juga, dan mungkin bekas piringnya pun masih ada^^). Jadi sudah mengerti kan perbedaan kedua grammar ini. Dan ini dia contoh kalimat yang menggunakan tata bahasa ~ta bakari.
この本は出版されたばかりだ
kono hon wa shuppan sareta bakari da
buku ini baru aja diterbitkan
もし食事したばかりなら泳がない方がいいですよ
moshi shokuji shita bakari nara oyoganai hou ga ii desu yo
jika kamu baru saja selesai makan, mendingan tidak usah berenang
その来たばかりの子はおどおどして口ごもった
sono kita bakari no ko wa odoodo shite kuchi gomotta
anak yang baru saja datang itu berbicara gagap dan grogi
Sip dah, 2 buah grammar hari ini telah kita pelajari bersama di blog BJB ini dengan begitu berakhir juga lah postingan hari ini^^ woke dan saatnya riizhu pamit dulu assalamuaikum mata ashita ne, sampai jumpa besok.
Tata Bahasa ~ta tokoro dan ~ta bakari (~たとこと、~たばかり)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner