Tata Bahasa ~toshite, ~toshite wa ~to shite no dan ~to shite mo (~として、~としては、~としての、~としても)

Kalau kemarin kita sudah belajar 2 grammar ~ni tsuite dan ~ni totte, kali ini kita akan belajar grammar tentang ~toshite, masih mirip lah dengan 2 tata bahasa kemarin itu^^.

Tata bahasa ~toshite yang akan kita pelajari kali ini memiliki 4 macam grammar seperti yang dijelaskan dijudulnya yaitu ~toshite, ~toshite wa, ~toshite no dan ~toshite mo. Kita akan mulai mempelajarinya sesuai urutan dimulai dari ~to shite dulu ya.

1. Tata bahasa ~toshite (~として)

Arti grammar ~toshite dalam bahasa Indonesia adalah "Sebagai", menjelaskan tentang jabatan, posisi, status atau kapasitas seseorang. Contohnya :
彼は私費留学生として日本へ来た
kare wa shihiryuugakusei toshite nihon e kita
dia datang ke Jepang sebagai pelajar dengan biaya pribadi
私はその学校で日本語の教師として働きます
watashi wa sono gakkou de nihongo no kyoushi toshite hatarakimasu
saya bekerja sebagai guru bahasa Jepang di sekolah itu
ここが彼女が秘書として働いている所です
koko ga kanojo ga hisho toshite hataraite iru basho desu
disinilah tempat dia bekerja sebagai sekretaris

2. Tata bahasa ~toshite wa (~としては)

Berbeda dari toshite lainnya di dalam pelajaran ini, to shite wa ini lebih tepat di artikan "untuk" dalam bahasa Indonesianya. Grammar ~toshite wa ini memiliki arti untuk menyatakan sesuatu itu aneh atau tak terduga secara tak langsung, mungkin kalau melihat contohnya sobat akan lebih paham, agak mirip sama tata bahasa ~ni totte yang kita pelajari kemarin lho. Contoh :
あなたは初心者としてはテニスがうまい
anata wa shoshinsha toshite wa tenisu ga umai
kamu itu sebagai/untuk seorang pemula permainan tenismu bagus
これは日本のアパートとしては、大きい方で

kore wa nihon no apaato toshite wa, ookii hou desu
ini (apartemen) cukup besar untuk apartemen di Jepang (walau dinegara lainnya mungkin dianggap kecil tapi di Jepang apartemen ini sudah bisa dianggap besar, seperti itu kira-kira makna dari kalimat itu)

3. Tata bahasa ~toshite no (~としての)

Berikutnya adalah tata bahasa ~toshite no, kapan harus menggunakan ~toshite no? ~toshite no di gunakan ketika ingin menggabungkan ~toshite dengan kata benda, rumusnya seperti ini kata benda 1 + toshite + no + kata benda 2. Contoh :
彼には教師としての自覚がない
kare ni wa kyoushi toshite no jikaku ga nai
baginya tidak ada kesadaran sebagai seorang guru
翻訳としての目的はインドネシア1になる
honyaku toshite no mokuteki wa Indoneshia ichi ni naru
tujuanku sebagai penerjemah adalah menjadi (penerjemah) nomer 1 di Indonesia
翻訳としての経歴は始まりだ
honyaku toshite no watashi no keireki wa hajimari da
karirku sebagai penerjemah telah dimulai

4. Tata bahasa ~toshite mo (~としても)

Pelajaran tata bahasa terakhir kali ini adalah ~toshite mo. Jika sebelumnya sobat sudah pernah belajar tentang grammar ~te mo maka riizhu yakin sobat akan cepat mengerti tata bahasa ini, karna grammar ini hanyalah gabungan dari toshite dan te mo yang arti bahasa Indonesianya adalah "meskipun sebagai..." atau "bahkan jika...". Contoh :
彼は医者であるが、小説家としても有名である
kare wa isha de aru ga, shousetsuka toshite mo yuumei de aru
dia adalah dokter tapi juga dikenal sebagai seorang novelis (dia seorang dokter juga sebagai novelis pun juga terkenal)
Oh iya, ada arti lain dari toshite mo lho, nanti kita pelajari dipelajaran berikutnya tentang toshitemo yang ada setelah kata kerja bentuk kamus atau lampau atau da toshitemo yang ada setelah kata benda^^, artinya beda tapi supaya tidak pusing, sobat cukup fokusin pelajaran ini saja dulu deh, dan sabar saja belajarnya nanti juga sampai kok kita ke pelajaran tentang toshitemo yang memiliki arti berbeda dari yang di atas^^ matte kudasai ne, mina-san^^.


Itulah 4 grammar berbeda dari ~toshite yang telah kita pelajari hari ini^^, terima kasih telah membacanya hingga usai ya, riizhu doain semoga sobat BJB semuanya bisa cepat mengerti grammar-grammar ini, aamiiin^^ minna ganbarou.
Tata Bahasa ~toshite, ~toshite wa ~to shite no dan ~to shite mo (~として、~としては、~としての、~としても)
3 komentar

Mau request gan..
Minta penjelasannya buat kata yg belakangnya ada kute nya ,kayak kanashikute,hoshikute,tanoshikute!!

hoshikute, kanashikute, tanoshikute itu adalah bentuk-te nya dari kata sifat-i gan, gunanya sama seperti bentuk-te pada kata kerja, untuk merantai kata

Terimasih banyak ^^ Sangat membantu dan bermanfaat (^^)b

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise