Melatih Kemampuan Membaca Bahasa Jepang Untuk Pemula Di News Web Easy

Jika sobat sudah lumayan banyak menghafal huruf Kanji, dan sudah hafal lumayan banyak kosakata - kosakata umum dan juga sudah mengerti grammar-grammar standar bahasa Jepang atau bisa dibilang sudah sekelas dengan level N5 atau N4 JLPT Maka riizhu sarankan untuk mengubah cara belajar dan praktek bahasa Jepang sobat dengan cara belajar yang lebih konkrit, misalnya mulai belajar memahami percakapan-percakapan di film/anime berbahasa Jepang, mulai membaca berita-berita berbahasa Jepang dan cara belajar lainnya yang lebih komplek.

Untuk postingan kali ini riizhu akan berbagi cara belajar/melatih kemampuan membaca bahasa Jepang kita dengan mengandalkan sebuah situs bernama NHK EASY WEB.

Sebelumnya kita sebaiknya mengenal dulu apa itu situs nhk easy web.

「NEWS WEB EASY」は、 小学生・中学生のみなさんや、日本に住んでいる外国人のみなさんに、わかりやすいことばでニュースを伝えるウェブサイトです。
News Web Easy adalah situs berita dengan bahasa Jepang yang dipermudah yang ditujukan untuk anak SD, SMP dan orang asing yang tinggal di Jepang.
news web easy image
tampilan home nhk easy web
Didalam website ini kita bisa membaca berita online tentang Jepang dan mancanegara dan yang pastinya menggunakan bahasa Jepang yang dibuat sangat mudah untuk dipahami khususnya para pelajar pemula atau anak-anak di Jepang.

Nah maka dari itu jangan sia-siakan keberadaan web easy news ini^^, manfaatkanlah untuk melatih kemampuan membaca bahasa Jepang kita sebaik mungkin di site ini.

Tidak cuma kemampuan membaca kita saja yang akan meningkat jika kita setiap hari melatihnya dengan membaca berita di Nhk easy web ini, Tapi kemampuan yang lain juga ikut meningkat pesat, contohnya skill listening, karna di nhk easy web itu tersedia juga audio dan juga videonya jadi tidak cuma sekedar membaca saja tapi juga bisa mendengarkan audio dan melihat video beritanya untuk belajar hatsuon listening dan rikai comprehension bahasa Jepang^^. Kenapa riizhu sebut berlatih membaca adalah cara belajar bahasa Jepang yang komplek dan efektif karna dengan membaca berita berbahasa Jepang tanpa sadar kita juga akan memperkaya kosakata dan kanji kita, dan juga akan membuat kita mampu memilih kata bahasa Jepang yang lebih tepat sehingga bahasa Jepang menjadi natural selayaknya yang digunakan oleh orang jepangnya^^ Selain itu kita juga akan mendapat informasi tambahan seputar berita yang kita baca, asyik bukan?^^.

Biasanya sih saya belajar di website nhk easy web ini dengan cara 3x baca beritanya^^ sobat boleh meniru gaya belajar riizhu, pertama-tama buka satu berita yang menurut sobat topiknya menarik bisa dinilai dari judul atau gambarnya. Setelah itu bacalah beritanya dan catat kanji-kanji dan kosakata-kosakata yang kita tidak tau. Lalu cari tau kanji dan kosakata yang kita tidak tau tersebut (boleh dikamus atau dimana aja, tapi kalau saya sih biasanya dikamus atau di google translate) ini jika kita tidak membacanya via pc/komputer karna kalau via hp/smartphone maka furigana dari kanjinya tidak muncul, namun jika membacanya via pc/komputer maka kita tidak perlu mencari cara baca dan arti katanya lagi karna tinggal arahkan cursor saja ke katanya dan akan muncul artinya dan furigananya juga tertulis di atasnya. Setelah selesai hafalkan kosakata yang kamu tak tau didalam berita yang telah dibaca beserta kanjinya. lalu coba baca ulang beritanya untuk yang kedua kalinya. (Jika bisa cobalah untuk menuliskan beritanya dibuku, jika telah belajar sekitar 500 Kanji sesuai guratan yang benar, saya yakin sobat semua pasti sudah bisa mengira dan menuliskan seluruh jouyou kanji dengan urutan guratan yang benar, karna sebenarnya huruf kanji itu banyak yang mirip dan paling biasanya hanya berupa gabungan dari kanji-kanji standar, misalnya 林 atau 森, walaupun sobat belum pernah belajar tentang cara menulis kanji 林 atau 森 tapi jika sobat sudah belajar aturan guratan kanji 木 riizhu yakin sobat pasti bisa juga menulis kanji 林 dan 森 dengan benar, karna kedua kanji itu hanya gabungan dari beberapa kanji 木. benar ngga?^^).

Jika sudah membaca beritanya untuk yang kedua kalinya dan juga menuliskan beritanya dibuku. Terakhir cobalah untuk membacanya untuk yang ketiga kalinya dan kali ini pastikan kamu bisa membacanya dengan lancar dan sudah tau semua cara baca kanjinya dan tau kosakata yang sebelumnya kamu tak tau dan juga pastikan kamu sudah tau seluruh arti dan isi berita yang disampaikan^^.


Itulah website dan cara belajar membaca yang saya rekomendasikan untuk melatih kemampuan reading bahasa Jepang kita^^ tertarik untuk berlatih kemampuan membaca bahasa Jepang? langsung saja menuju situsnya di www3.nhk.or.jp/news/easy/ jangan takut jika kamu masih pemula karna disini beritanya sudah dibuat mudah dan memang ditujukan bagi orang-orang yang bahasa Jepangnya masih pemula.

Ok sekian postingan hari ini, selamat belajar bahasa jepang minna^^, ganbatte!.
Melatih Kemampuan Membaca Bahasa Jepang Untuk Pemula Di News Web Easy

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise