Grammar Bahasa Jepang: Kata Kerja Bentuk Kamus + no desu ka (~のですか)

Dalam pelajaran kali ini kita akan membahas tentang grammar no desu ka, meskipun artinya sama dengan kata tanya biasa desu/masu ka namun dari segi nuansa ada perbedaan antara "desu ka/masu ka" dan "no desu ka". Saya akan mencoba menjelaskan situasi dan nuansanya di sini karna yang paling penting adalah pahami situasi dan nuansanya jangan hanya memahami dari terjemahannya karna akan sama saja terjemahannya.

Adapun perbedaan nuansa dari masu/desu ka dan no desu ka yaitu dari segi kejelasan. Jika menggunakan masu/desu ka maka di sini hanyalah pertanyaan biasa dan si penanya belum tau jelas situasinya/jawabannya. sedangkan jika menggunakan pola kata kerja bentuk kamus dengan no desu ka maka di sini nuansanya si penanya mungkin sudah tahu / menduga jawabannya dari situasi dan keadaan yang dia lihat atau dia dengar, ia hanya meminta kejelasan saja dan juga menunjukkan rasa keingin tahuannya. Contoh :
Kamu bertemu dengan seorang teman yang memakai seragam sekolah, lalu kamu bertanya ke dia "mau pergi kemana?" di sini sebenarnya dari kelihatannya dia emang mau ke sekolah karna sudah memakai seragam, dan pertanyaan kamu hanya meminta kejelasan aja benar apa nggak, dan disituasi seperti ini biasanya orang Jepang menggunakan pola kata kerja bentuk kamus + no desu ka.
学校へ行くのですか
gakkou e iku no desu ka
mau pergi ke sekolah?
Contoh kedua di saat kamu kaget melihat temanmu yang memotong rambutnya karena biasanya kamu melihat temanmu dengan rambut panjang, dan perlu di ingat juga bahwa no desu ka bisa digunakan untuk kata kerja lampau juga dan tak harus selalu kata kerja bentuk kamus^^, intinya tidak menggunakan pola masu-kei aja. (pola no desu ka ini juga sering disingkat menjadi n desu ka dalam pembicaraan santai) :
髪が切ったんですか
kami ga kitta n desu ka
apa kamu tlah memotong rambutmu?
Jika no desu ka ditambahkan pada kata benda atau kata sifat-na maka harus memerlukan な (na) terlebih dahulu. Contoh :
日本人なのですか
nihonjin na no desu ka
apakah kamu orang Jepang (dalam situasi ini si penanya emang menduka ia orang Jepang karna tampangnya keliatan seperti orang Jepang atau mungkin karna dia berbicara bahasa Jepang)
Baca juga: Grammar Bahasa Jepang: sou desu (そうです)

Sip, sekarang sudah mengerti dan tau dong perbedaan antara masu ka/desu ka biasa dengan no desu ka? dan tau juga dong kapan harus menggunakan masu ka/desu ka biasa dan kapan menggunakan no desu ka dengan tepat?^^. Ok berakhir sudah pelajaran hari ini, Jika ada pertanyaan boleh bertanya di kolom komentar^^.
Grammar Bahasa Jepang: Kata Kerja Bentuk Kamus + no desu ka (~のですか)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner