Mengatakan "Hanya" dalam Bahasa Jepang (しかない、だけ、のみ、っきゃ)

Mari belajar bahasa Jepang lagi^^, semakin sering belajar maka semakin cepat pula menguasainya. Pelajaran kali ini membahas mengenai tata bahasa だけ(dake), しか (shika), のみ(nomi), dan っきゃ(kkya) yang memiliki arti "hanya". Karena lumayan banyak yang akan kita bahas, jadi sebaiknya kita langsung mulai saja mempelajari yang pelajaran yang pertama yaitu だけ.

1. だけ (dake)

Dake memiliki arti "hanya", kata ini bisa ditempetkan setelah kata benda, kata sifat, kata keterangan ataupun kata kerja, seperti pola-pola partikel. Contoh :
ちょっとだけ待ってください
chotto dake matte kudasai
tolong tunggu hanya sebentar
昨日、寿司だけ食べませんでした
kinou, sushi dake tabemasen deshita
kemaren, tidak hanya makan sushi aja
お米を食べるだけでこんなに痩せた
okome o taberu dake de konna ni yaseta
hanya dengan makan beras bisa sekurus ini
彼は野菜だけ食べる人
kare wa yasai dake taberu hito
dia adalah orang yang hanya memakan sayuran

2. のみ (nomi)

Yang kedua yang akan kita bahas adalah のみ, nomi memiliki arti sama dengan だけ di atas yaitu "hanya" dan penempatannya pun juga sama dengan dake, hanya saja のみ lebih sering digunakan untuk perkataan resmi/formal/dalam tulisan daripada だけ. Contoh :
これのみ食べます
kore nomi tabemasu
hanya makan ini
私はお茶のみ飲みます
watashi wa ocha nomi nomimasu
saya hanya minum teh
この入り口はスタッフのみです
kono iriguchi wa sutaffu nomi desu
pintu masuk ini hanya untuk para staff
写真のみお送りください
shashin nomi okurikudasai
tolong kirimkan fotonya saja

3. しか (shika)

Meski artinya sama namun, shika agak berbeda dari だけ dan のみ di atas, Kalau dake dan nomi bisa digunakan baik pada kalimat negatif maupun positif, sedangkan しか hanya bisa digunakan di dalam kalimat negatif saja^^, makanya biasanya orang menyebutnya grammar shika ~nai karna kata di akhirnya harus negatif, mungkin akan sulit memahami polanya kalau belum terbiasa tapi nggak usah khawatir, lama-lama juga terbiasa kok^^. Contoh :
これしか食べません
kore shika tabemasen
hanya makan ini (hanya ini yang lain tidak saya makan)
自分で勉強しかしなかった
jibun de benkyou shika shinakatta
hanya belajar sendiri
今しかない機会だ
ima shika nai kikai
kesempatan yang hanya ada sekarang

4. っきゃ (kkya)

Yang terakhir ini adalah っきゃ(kkya), kkya merupakan variasi dari しか (shika) tetapi jarang banget sih っきゃ ini digunakan^^, tapi kita perlu tau juga dong tentang grammar ini kali aja teman kita ada yang menggunakan kata ini, jadi kita nggak kebingungan lagi deh. Sama seperti halnya shika, kkya juga hanya bisa digunakan pada kalimat negatif. Contoh :
兄貴っきゃいない
aniki kkya inai
hanya ada kakak
お茶っきゃ飲まない
ocha kkya nomanai
hanya minum teh
君っきゃ大好きじゃない
kimi kkya daisuki janai
aku hanya suka kamu saja


Ok, nambah lagi deh koleksi grammar yang sudah kita pelajari^^ semangat terus ya, nanti akan kita lanjutkan lagi ya, dadah^^)/.
Mengatakan "Hanya" dalam Bahasa Jepang (しかない、だけ、のみ、っきゃ)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner