Perbedaan Tata Bahasa Antara ~ta koto ga aru dan ~ru koto ga aru

Pernahkah sobat belajar grammar untuk menyatakan "pernah" dengan ~ta koto ga aru atau kata kerja bentuk lampau + koto ga aru dan kadang sobat pernah juga kan melihat ada kalimat yang ditulis dengan ~ru koto ga aru atau kata kerja bentuk kamus + koto ga aru. Nah apa sih perbedaan dari dua tata bahasa di atas? disinilah kita akan membahasnya bersama-sama perbedaan dari dua grammar di atas^^.

Pertama kita pahami dulu yang agak mudah dan pernah kita pelajari juga dipelajaran sebelumnya dalam blog ini (baca : menyatakan "pernah melakukan sesuatu" dalam bahasa Jepang). Grammar ~ta koto ga aru ini memiliki arti "pernah melakukan sesuatu". Cara pembuatannya yaitu dengan cara menambahkan koto ga aru pada kata kerja bentuk lampau. Berikut inilah contoh kalimat yang menggunakan grammar ~ta koto ga aru :
日本に行ったことがあります
nihon ni itta koto ga arimasu
saya pernah pergi ke Jepang
日本で寿司を食べたこともあります
nihon de sushi o tabeta koto mo arimasu
saya pernah juga makan sushi di Jepang
Sudah mengerti betul dong tentang grammar ~ta koto ga aru ini, Berikutnya kita akan membahas tentang makna kata kerja bentuk kamus yang ditambah koto ga aru dan apa perbedaannya dengan kata kerja bentuk lampau yang ditambah koto ga aru?. Ok ayo kita teliti bersama-sama^^.

Cara membuat tata bahasa ~ru koto ga aru adalah dengan cara menambahkan langsung kata koto ga aru pada Kata kerja bentuk kamusnya dan maknanya adalah "ada kejadian/terkadang........". Contoh :
日本に行くことがあります
nihon ni iku koto ga arimasu
saya terkadang (pernah beberapa kali) pergi ke Jepang
日本で寿司を食べることもある
nihon de sushi o taberu koto mo aru
saya juga terkadang makan sushi di Jepang
Nah, sudah semakin bisa membedakan dong apa perbedaan antara ~ta koto ga aru dan ~ru koto ga aru. Intinya ~ta koto ga aru adalah menyatakan suatu kejadian yang pernah kita alami/lakukan dan mungkin terjemahan paling baik yaitu kata "pernah", Sedangkan ~ru koto ga aru adalah untuk menyatakan suatu kejadian yang jarang kita lakukan namun pernah berkali-kali kita lakukan, dan suatu kejadian umum biasanya menggunakan bentuk kamus atau positif standar, bukan?^^ dan bentuk ~ru koto ga aru ini lebih tepat di terjemahkan dengan kata "terkadang/kadang-kadang".


Sudah paham dan bisa membedakan makna dari kedua tata bahasa bahasa Jepang ini kan sekarang? ok tugas riizhu hari ini sudah selesai, jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya ya. bye(=^ㅅ^=).
Perbedaan Tata Bahasa Antara ~ta koto ga aru dan ~ru koto ga aru

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner