Rahasia Riizhu Belajar Listening Bahasa Jepang

Hallo semuanya kita bersua kembali bersama riizhu disini yang akan memberikan pelajaran-pelajaran bahasa Jepang secara langsung maupun tak langsung di blog ini :D, Kali ini saya akan memberikan ajaran bertipe non-akademic yaitu pelajaran yang tak kalian temukan dalam buku-buku pelajaran bahasa Jepang atau lainnya. Itulah kelebihan dari blog Bahasa Jepang Bersama kita ini^^ di sini kami juga akan mengajarkan atau membagi pengalaman-pengalaman kami dalam mempelajari bahasa Jepang yang tentunya sudah melewati test oleh diri kami sendiri ke-efektif-annya(=ↀωↀ=)✧, tapi riizhu pun tak bisa menjamin kalau ini akan sama efektifnya jika yang mencobanya adalah kalian, maklum manusia itukan diciptakan berbeda-berbeda. Tapi ijinkanlah riizhu untuk sharing pengalaman di sini dan kuharap pengalaman yang riizhu berikan bisa memberikan manfaat bagi para pembaca blog ini, *αmiεn* └(˘.˘└).

Ok, kali ini saya -riizhu- ingin berbagi sebuah teknik rahasia dalam mempelajari bahasa Jepang dari segi listening, sebenarnya sih tak ada teknik rahasia-rahasiaan|( ̄3 ̄)| hanya sebuah metode belajar yang jarang atau bahkan tak pernah dicoba orang aja.

Sebagai seorang pelajar bahasa Jepang otodidak saya selalu mencoba cara-cara belajar bahasa jepang dengan keterbatasan yang ada, mungkin karena semangatku yang tinggi hingga mampu memecahkan tembok rasa terbatas dalam diri saya untuk mempelajari bahasa Jepang seorang diri tanpa kursus dan tanpa kuliah, hingga tanpa sadar tlah menemukan cara belajar yang mudah dan murah dan bisa membuat bahasa Jepang saya berkembang sama halnya seperti orang-orang yang kursus atau kuliah sastra Jepang^^.

Sudah penasaran seperti apa cara saya mempelajari bahasa Jepang dalam hal pendengaran atau biasa disebut choukai (聴解) dalam istilah bahasa Jepangnya. Saya menamai metode ini dengan nama "Jurus Belajar Bahasa Jepang dengan cara mendengar Anime". mendengar? Yups mendengar, sobat tak salah dengar kok^^. Cara belajar ini bisa dilakukan sambil melakukan hal yang lain seperti social mediaan, sambil nulis blog, sambil tiduran dan sebagainya, namun yang paling efektif adalah saat dilakukan sambil tiduran karena kita bisa lebih fokus, asal jangan sambil nonton tv aja karena gakkan bisa(≧∇≦).

Cara melakukan metode belajar ini sangat simple yaitu cukup membuka video anime aja lalu pasang headphone sobat setelah itu di-minimize aja XD. yups nggak perlu ditonton, meski kalau ditonton akan memberikan hasil yang lebih baik tapi akan memakan waktu kita, jika sobat tidak sibuk sih, ya lebih bagus ditonton tapi saat sobat lagi sibuk maka gunakanlah teknik ini, atau animenya sudah pernah kita tonton XD, saya biasanya melakukan cara belajar bahasa Jepang selingan seperti ini saat lagi melakukan aktivitas blogging, saat menulis postingan dan mengupdate blog, dulu juga saya sering gunain teknik belajar ini saat ngelatih nulis tangan kiri saya XD saya emang suka ngelakuin hal-hal unik yang tak biasa dilakukan orang. Apakah ada efeknya? Setelah riizhu melakukan hal ini cukup lama, akhirnya saya menjadi seorang tunarungu semakin terbiasa mendengar kata-kata bahasa Jepang dan udah mampu menangkap semua kata-katanya meskipun saya tak tau arti dari katanya tapi ku bisa dengar dengan jelas katanya sehingga bisa dicari di kamus^^. Jadi apakah metode belajar seperti ini efektif? Yups kalau buatku, itu sangat efektif dan cara belajar ini tidak membutuhkan waktu khusus, itulah yang riizhu sukai^^.

Buka anime, Minimize, terus lakukan aktivitas yang lain, ini adalah teknik belajar bahasa Jepang saat lagi bersantai-santai^^. Intinya adalah agar kita bisa terbiasa dengan percakapan-percakapan bahasa Jepang dan mampu menyimpannya ke dalam alam bawah sadar kita sehingga tak perlu berpikir keras untuk memahami perkataan dalam bahasa Jepang lagi^^, karena kita tak punya banyak waktu untuk berpikir saat mendengarkan perkataan orang Jepang? Jadi kita harus membuatnya terbiasa. "Karna ilmu bahasa itu beda dari ilmu yang lain, bahasa itu bukan soal bisa atau tidak bisanya tetapi soal terbiasa atau tidaknya" ♡(Ξ◕◡◕Ξ)♡ weh kata-kata gue kadang keren juga.


Sudah saya bilang dari awal bahwa di postingan ini sebenarnya tidak ada cara belajar "rahasia", ini adalah teknik biasa yang dilakukan dengan cara tak biasa agar menghemat waktu, dan sobat tau nggak kalau riizhu itu paling buruk dalam penguasaan listening dan vocabulary lho. Namun dengan cara belajar ini riizhu tlah bisa meng-improve skill choukai riizhu XD dan sobat juga bisa mencobanya di rumah masing-masing, dan nggak harus dengerin anime kok, bisa film, dorama atau apapun juga bisa, yang penting menggunakan bahasa Jepang^^ riizhu pun tak pernah ngehapus anime-anime yang sudah riizhu tonton sampai tamat karena suatu saat akan digunain buat jurus ini hihi XD. dan satu lagi keistimewaan belajar di sini, yaitu riizhu akan selalu mendoakan sobat-sobat yang berusaha belajar bahasa Jepang otodidak di blog ini^^ Usaha yang disertai dengan doa itu pasti akan berhasil, selamat mencoba teknik rahasia riizhu dalam belajar listening bahasa Jepang ini ya, semoga bisa meningkatkan skill listening sobat juga, dan tunggu teknik-teknik rahasia riizhu dalam bahasa Jepang lainnya ya. jaa mata aou na (=ↀωↀ=)✧.
Rahasia Riizhu Belajar Listening Bahasa Jepang
15 komentar

wah sama tuh, aku juga sering kayak gitu buka anime di dengerin aja dulu trus ntar ku tulis baru liat artinya :)

ありがとうございます。 sangaaaaaaat membantu.. semangat yah untuk update trus..^_^

sama-sama, senang artikelnya bisa bermanfaat^^, huum insya allah saya akan berusaha keras untuk terus update blog ini^^

ありがとうございます Rizu 先生、semangat trus share ilmunya ya..
よろしく..

iya sama-sama, iya insya allah saya akan semangat trus untuk share ilmu bahasa Jepang di blog ini sampai selengkap-lengkapnya^^

Ada kata yg punya makna "lebih dari suka"? Kalo ada itu mau saya pake sebagai ucapan terimakasih buat kak Riizu

Waaah, postingan di blog ini bener-bener bermanfaat banget >.<
Doumo ^^

Oh iya, saya mau tanya. Untuk listening JLPT itu susah gak yah? Terimakasih ^^

mau tanya mbak, saya sudah hafal kanji JLPT level N5 setelah itu saya harus menghafal kosakatanya juga ya, dan juga untuk grammarnya itu kan ada tentang pertikel--partikel lah itu saya bingung mbak?
mohon pencerahannya

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner