Grammar Bahasa Jepang ~te aru (~てある)

Lama juga tak belajar grammar bahasa Jepang lagi nih^^, kali ini mari kita mulai belajar grammar bahasa Jepang lagi, tata bahasa yang akan kita pelajari kali ini adalah tentang ~te aru, hmm susah susah gampang sih tata bahasa ini menurut saya :D.

Sebelum kita mempelajarinya adakalanya kita harus tahu dulu arti dan penjelasan tentang pola kalimat ini, ~te aru menyatakan hasil dari sesuatu yang sudah dilakukan. Meskipun ada makna sudah terjadi namun menurut saya di sini sama sekali tidak ada unsur lampaunya, hampir mirip dengan tata bahasa ~te iru, hanya saja ~te aru menyatakan sesuatunya sudah dilakukan dan hasilnya bisa dilihat sekarang (fokusnya pada hasil perbuatannya bukan sesuatu yg telah dilakukannya, jadi polanya tetap menggunakan bentuk present^^) .

Dan perlu sobat ingat juga bahwa ~te aru hanya bisa digunakan untuk kata kerja tadoushi (他動詞) atau kata kerja transitive saja, tidak bisa digunakan untuk kata kerja jidoushi (自動詞) /kata kerja intransive.

Penjelasannya sudah, berikutnya kita akan belajar cara pembuatan polanya, sebelumnya sobat harus menguasai dulu konjugasi bentuk-te terlebih dulu (silahkan baca buat yang belum menguasai bentuk-te : kata kerja bahasa Jepang bentuk-te).

Cara membuat grammar ~te aru pertama sobat ubah dulu kata kerja transitive ke dalam bentuk-te lalu tinggal tambahkan kata ある setelah kata kerja bentuk-te. Contoh :
書く=kaku=menulis → 書いてある=kaite aru=tertulis
作る=tsukuru=membuat → 作ってある=tsukutte aru=sudah dibuat
買う=kau=membeli → 買ってある=katte aru=sudah dibeli
食べる=taberu=makan → 食べてある=tabete aru=sudah dimakan
飲む=nomu=minum → 飲んである=nonde aru=sudah diminum
Polanya juga sudah kita pelajari, berarti tinggal memberikan contoh penggunaanya dalam kalimat lengkap, ini dia riizhu kasih banyak-banyak deh, biar cepat "ngeh" sama grammar yang termasuk level N5 JLPT ini^^.
窓が開けてある
mado ga akete aru
jendelanya sudah terbuka (seseorang tlah membuka jendela)
今日のランチが作ってあります
kyou no ranchi ga tsukutte arimasu
makan siang hari ini sudah siap dimakan (mama/seseorang sudah membuatkan makan siang hari ini, dan sekarang bisa di nikmati)
この手紙は漢字で書いてある
kono tegami wa kanji de kaite aru
surat ini tertulis menggunakan kanji
ホテルは予約してありますから、心配しないでください
hoteru wa yoyaku shite arimasu kara, shinpai shinai de kudasai
karna hotelnya sudah di booking, jadi tolong tidak usah khawatir
Baca juga: Grammar Bahasa Jepang ~te oku (~ておく)

Alright, dan demikianlah pelajaran bahasa Jepang kita hari ini yang telah membahas mengenai grammar bahasa Jepang ~te aru, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat^^. Jaa mata ashita ne minna.

Grammar Bahasa Jepang ~te aru (~てある)
2 komentar

Permisi min mau nanya, penggunaan ~て ある apakah sama dengan penggunaan ~て いました/~て ありました?

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise