Menggabungkan Kata Sifat dengan なる dan する (くなる/になる、くする/にする)

Beberapa hari yang lalu kita sudah belajar tentang bagaimana cara membuat kata sifat menjadi kata keterangan. Pelajaran kali ini hampir mirip dengan pelajaran tersebut, bahkan aturan konjugasinya bisa dikatakan sama.

Oke, gimana? Apa boleh kita mulai pelajaran hari ini? Okelah kalau begitu langsung saja kita mulai pelajaran hari ini(ღ˘⌣˘ღ).

Gabungan kata sifat-i dan kata kerja Naru (なる)

Pertama kita akan pelajari gabungan dari kata sifat-i dan kata kerja なる yang bermakna "menjadi". Jadi makna dari gabungan kata sifat+なる ini adalah menjadi (kata sifat).
Konjugasinya adalah sama dengan cara membuat kata sifat menjadi kata keterangan yaitu dengan cara mengganti akhiran dengan , lalu tambahkan kata kerja なる. Contoh :
白い=shiroi=putih → 白くなる=shiroku naru=menjadi putih
強い=tsuyoi=kuat → 強くなる=tsuyoku naru=menjadi kuat
弱い=yowai=lemah → 弱くなる=yowaku naru=menjadi lemah
長い=nagai=panjang → 長くなる=nagaku naru=menjadi panjang
甘い=amai=manis → 甘くなる=amaku naru=menjadi manis
Inilah contoh-contoh gabungan kata sifat dan kata kerja なる dalam kalimat lengkap :
お父さんみたいに強くなりたいんだ
otousan mitai ni tsuyoku naritai n da
Aku ingin menjadi kuat seperti Ayah
今日は寒くなるようです
kyou wa samuku naru you desu
kayaknya (cuaca) hari ini jadi dingin
暖かくなるように私の体を抱きしめてください
atatakaku naru you ni watashi no karada o dakishimete kudasai
agar menjadi hangat, tolong peluklah tubuhku (ღ˘⌣˘ღ)

Next, kita belajar konjugasi gabungan kata sifat-na dan kata kerja なる.

Gabungan kata sifat-na dan kata kerja なる

Ini juga sama dengan aturan menjadikan kata sifat menjadi kata keterangan yaitu dengan cara menambahkan partikel に di antara kata sifat-na dan kata kerja なる. Contoh :
綺麗=kirei=cantik/indah → 綺麗になる=kirei ni naru=menjadi cantik/indah
有名=yuumei=terkenal → 有名になる=yuumei ni naru=menjadi terkenal
元気=genki=sehat → 元気になる=genki ni naru=menjadi sehat
静か=shizuka=sepi → 静かになる=shizuka ni naru=menjadi sepi
上手=jouzu=pandai → 上手になる=jouzu ni naru=menjadi pandai 
Dan ini dia contohnya dalam kalimat lengkap :
日本語を一生懸命に勉強したから日本語が上手になった
nihongo o isshoukenmei ni benkyou shita kara nihongo ga jouzu ni natta
karena saya belajar bahasa Jepang dengan sungguh-sungguh, saya menjadi pandai dalam bahasa Jepang
みんなが行ったから、ここは静かになりました
minna ga itta kara, koko wa shizuka ni narimashita
karna semuanya tlah pergi disini menjadi sepi/hening

Oke next, tentang naru sudah selesai berikutnya kita pelajari tentang gabungan kata sifat dan kata kerja する yang artinya menjadi memper......(kan)  ngga selamanya artinya memper..(kan) sih, karena ada juga kata yang tidak cocok kalau kita artiin memper.... terus-terusan, kuncinya cukup di ingat arti literalnya aja. yaitu melakukan dengan/secara (kata sifat), kita mulai dari kata sifat-i dulu ya.

Gabungan kata sifat-i dengan kata kerja する

Caranya cukup mengganti akhiran い dengan く lalu tambahkan する. Contoh :
大きい=ookii=besar → 大きくする=ookiku suru=memperbesar
深い=fukai=dalam → 深くする=fukaku suru=memperdalam
遅い=osoi=lambat → 遅くする=osoku suru=memperlambat
Contoh dalam kalimat lengkap :
この穴を広くしてください
kono ana o hiroku shite kudasai
tolong perluas lubang ini
私は穴を深くします
watashi wa ana o fukaku shimasu
saya memperdalam lubang(membuat lubang jadi dalam)

Next terakhir yaitu gabungan kata sifat-na dan する

Gabungan kata sifat-na dan kata kerja する

Konjugasinya masih sama dengan なる yang di atas cuma なるnya aja yang di ganti dengan する^^ dan artinya menjadi memper......., Contoh :
綺麗=kirei=cantik/indah → 綺麗にする=kirei ni suru=mempercantik/memperindah
上手=jouzu=pandai → 上手にする=jouzu ni suru=memandaikan/menjadikan pandai
複雑=fukuzatsu=rumit → 複雑にする=fukuzatsu ni suru=memperumit/membuat rumit
dan ini contoh-contoh kalimat lengkapnya :
私は弟と部屋を綺麗にしました
watashi wa otouto to heya o kirei ni shimashita
saya dan adik tlah menperindah (merapikan) kamar
永遠に有名にします
eien ni yuumei ni shimasu
menjadikan terkenal selamanya
Artikel lainnya: Tata Bahasa ~sugiru (~すぎる)

Oke, ngga di sangkat ternyata lumayan panjang juga pelajaran kali ini, ya udah deh agar nggak kepanjangan banget mending kita udahan dulu hari ini(=^ㅅ^=) tunggu pelajaran selanjutnya besok ya. jaa mata o(^▽^)o
Menggabungkan Kata Sifat dengan なる dan する (くなる/になる、くする/にする)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner