Menjadikan Kata Sifat Menjadi Kata Keterangan | Belajar Bahasa Jepang Bersama Menjadikan Kata Sifat Menjadi Kata Keterangan | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Menjadikan Kata Sifat Menjadi Kata Keterangan

Konnichiwa^^ hihi, dari judulnya pasti sobat semua sudah tahu kan materi apa yang akan kita bahas kali ini? "Cara menjadikan kata sifat menjadi kata keterangan". Tahu apa yang dimaksud dengan kata sifat kan? Tahu juga apa yang dimaksud dengan kata keterangan kan? Kalau sobat nggak tahu mah kelewatan, tanya sendiri ke mbah google (;・ิ∇・ิ)シ.

Oke kita sudah pernah dulu belajar mengenali kata sifat dalam bahasa Jepang dan kita tahu kata sifat itu terbagi kepada dua yaitu kata sifat-i dan kata sifat-na (buat yang belum belajar dan belum tahu, silakan cek postingan: pelajaran tentang kata sifat bahasa Jepang) dan juga kita sudah menghafal kosakata-kosakatanya baik kosakata kata sifat-i maupun kosakata kata sifat-na (buat yang ingin menghafal kosakatanya silakan baca: Daftar kosakata kata sifat-i dan Daftar kosakata kata sifat-na). Oke saya anggap sobat sudah menguasai pelajaran-pelajaran dasar tersebut.

Nah di sini kita akan mempelajari bagaimana caranya mengubah kata sifat menjadi kata keterangan. Kita mulai dari aturan untuk kata sifat-i terlebih dahulu ya karena aturan pengubahan kata sifat menjadi kata keterangan itu berbeda antara kata sifat-i dan kata sifat-na(๑∩_∩๑).

Untuk menjadikan kata sifat-i menjadi kata keterangan: caranya gampang, cukup mengganti akhiran i (い) pada kata sifat menjadi ku (く). Contoh:

良い : yoi : baik/bagus → 良く : yoku : dengan baik
深い : fukai : dalam → 深く : fukaku : dengan dalam
大きい : ookii : besar → 大きく : ookiku : dengan besar
速い : hayai : cepat → 速く : hayaku : dengan cepat
強い : tsuyoi : kuat → 強く : tsuyoku : dengan cepat

Berikut ini adalah beberapa contoh pemakaiannya dalam kalimat lengkap:

あなたは日本語が良く分かりましたね。
Anata wa nihogo ga yoku wakarimashita ne.
Kamu mengerti bahasa jepang dengan baik ya.
私を強く抱きしめてください。
Watashi o tsuyoku dakishimete kudasai.
Peluklah aku dengan kuat/erat.
その人は穴を深く掘った。
Sono hito wa ana o fukaku hotta.
Orang itu tlah menggali lubang secara/dengan dalam.

Untuk menjadikan kata sifat-na menjadi kata keterangan: caranya lebih mudah lagi yaitu cukup menambahkan partikel ni (に) saja setelah kata sifat-na nya. Contoh:

綺麗 : kirei : cantik/indah → 綺麗に : kirei ni : dengan cantik/indah
静か : shizuka : sepi → 静かに : shizuka ni dengan sepi
正直 : shoujiki : jujur → 正直に : shoujiki ni : dengan jujur
勤勉 : kinben : rajin → 勤勉に : kinben ni : dengan rajin
残酷 : zankoku : kejam → 残酷に : zankoku ni : dengan kejam

Berikut ini adalah contoh pemakaiannya dalam kalimat lengkap:

私はただ正直に言いたいです。
Watashi wa tada shoujiki ni iitai desu.
Saya hanya ingin mengatakannya dengan jujur.
図書館では静かに歩いてください。
Toshokan de wa shizuka ni aruite kudasai.
Tolong berjalanlah dengan pelan (dengan sepi) di perpustakaan.
巨人は人間を残酷に殺す。
Kyojin wa ningen o zankoku ni korosu.
Titan(raksasa) membunuh manusia dengan kejam.

Nah, usai sudah pelajaran grammar bahasa Jepang kita hari ini^^ kalau ada yang belum dimengerti jangan sungkan untuk bertanya ya, oke Riizhu mau pamit dulu, sampai ketemu lagi ya. mata ne(/゚Д゚)/.

Baca Juga

5 komentar:

  1. Sumimasen, boleh bertanya? Apa fungsi dari さ dan み di akhir kata sifat i? Mohon penjelasannya ya. Arigatou

    BalasHapus
    Balasan
    1. fungsi sa さ pada kata sifat, adalah untuk menunjukkan kadar dari kata sifat, 黒さ=kurosa=kehitaman/kadar hitam, 長さ=nagasa=tinggi/kadar tinggi. Kalau tidak salah saya pernah posting tentang ini, jadi untuk penjelasan lebih detail, silahkan cari postingannya di daftar isi. Untuk mi, saya masih belum tau^^, nanti saya cari tau artinya.

      Hapus
  2. Doumo arigatou gozaimasu. Postingannya sangat membantu...

    BalasHapus
  3. Sumimasen, kak untuk pembahasan nya udah bagus cuma buat kosa kata nya masih ada yang belum tau, jadi kalo boleh sekalian dicantumin kosa kata yang mau dijadiin contoh kalimatnya biar lebih mudah dipahami nya. Terimakasih!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas masukannya. Untuk postingan-postingan terbaru sudah kita tambahkan daftar kosakatanya di akhir pembelajaran. Untuk postingan lama akan diupdate secara bertahap

      Hapus

Pastikan menampilkan nama/username saat berkomentar, jika usernamenya "Unknown / Tidak diketahui" maka komentarnya tidak bisa ditampilkan.