Tips Menggunakan Google Translate (Bahasa Jepang - Indonesia) Dengan Baik

Banyak yang mengatakan bahwa terjemahan dari google translate itu amburadul khususnya terjemahan dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Mungkin memang begitu sih, tapi kalau bisa memanfaatkan dengan baik, google translate sangatlah bermanfaat dan membantu kita untuk lebih memahami bahasa Jepang, lebih dari sekedar kamus. mau tau bagaimana cara memanfaatkan google translate dengan baik? jika ingin tau, silahkan ikuti terus pelajaran kita kali ini ya^^.

Google translate akan memiliki arti yang berantakkan jika kau mencoba mengartikan bahasa Jepang ke bahasa Indonesia atau sebaliknya per full kalimat. kenapa? Saya rasa ini dikarenakan bahasa Jepang dan bahasa Indonesia itu mempunyai karakteristik dan pola yang sangat berbeda. lalu bagaimana cara memanfaatkan google translate dengan baik dan benar? Ada beberapa cara yang bagus untuk mendapatkan terjemahan google translate yang tidak berantakkan. beberapa di antaranya adalah:

1. Terjemahkan per kata saja

Jika sobat menerjemahkan hanya satu kata bahasa Jepang saja maka saya jamin hasilnya tidaklah berantakkan^^, jadi fungsi google translate di sini sama dengan sebuah kamus online^^ dan google translate lumayan lengkap.

2. Terjemahkanlah hanya per frase atau kalimat sederhana

Jika ingin memanfaatkan google translate lebih dari sekedar kamus online semata, maka gunakanlah cara berikut ini yaitu dengan menerjemahkan sebuah kalimat sederhana di google translate. contohnya seperti ini nih. 今見てる景色が遠くなっても君と過ごした日々を忘れたくない nah dari kalimat ini sobat bisa ambil anak kalimatnya dan terjemahin ke google translate, contoh anak kalimat dari kalimat di atas adalah seperti ini. 「君と過ごした日々」atau「見てる景色」atau「過ごした日々」atau「過ごした日々を忘れない」atau「遠くなる」 dan sebagainya tergantung kata apa yang ingin sobat BJB terjemahkan. dan saya rasa hasil terjemahan dari google dalam anak kalimat cukup bagus dan nggak berantakkan seperti jika diterjemahkan langsung sebanyak kalimat di atas. cara inilah yang sering riizhu lakukan saat menerjemahkan sebuah lirik lagu^^.

3. Gunakan google translate untuk mengetahui cara baca suatu kanji di situasi tertentu

Ini juga salah satu cara yang sering saya lakukan ketika mendapati suatu kanji yang tidak saya ketahui cara bacanya. maka saya pergi ke google translate dengan terjemahan dari bahasa Jepang ke bahasa Jepang juga^^. misal kamu tidak tau cara baca kanji ini 衰える maka tinggal sobat copas aja kanjinya juga beserta kalimat yang di ikutinya ya^^ kan kanji itu bisa berubah cara bacanya tergantung huruf yang ada disekitarnya. dan hasil yang di dapat dari terjemahan google dari bahasa Jepang ke bahasa Jepang adalah otoroeru. (cara bacanya tertulis dengan menggunakan huruf romaji/latin). nah udah dapat artinya trus tinggal kita artiin deh di kamus atau di google translate dengan bahasa Jepang ke bahasa Indonesia. dan dapatlah artinya yaitu "menjadi lemah" atau "melemah".


Gimana? Cukup bermanfaat dong google translate bagi kita jika kita menggunakannya dengan cara yang baik dan benar^^. oke untuk pelajaran kali ini sampai di sini dulu ya, terima kasih banyak telah meluangkan waktunya untuk membaca postingan ini, ostukaresama deshita!
Tips Menggunakan Google Translate (Bahasa Jepang - Indonesia) Dengan Baik
9 komentar

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner