Mengatakan "Tidak Boleh" dalam Bahasa Jepang (~てはだめ/ならない/いけない)

Setelah membaca habis postingan ini, maka sobat akan mendapat suatu ilmu grammar bahasa Jepang baru yang cukup penting juga^^ yaitu pelajaran bagaimana cara mengatakan tidak boleh dalam bahasa Jepang. Silahkan disimak pelajaran tata bahasa kali ini yuaa(=ↀωↀ=)✧.

Sebelumnya, agar sobat tidak pusing dan bisa mengerti sepenuhnya pelajaran ini, maka sobat harus tau dulu aturan cara mengubah kata kerja bentuk-te, buat yang belum bisa silahkan kuasai dulu cara pengubahan kata kerja ke bentuk-te silahkan (baca : di sini). buat yang udah menguasai pelajaran kata kerja bentuk-te mari kita lanjut belajarnya ya^^ hajimemashou.

Bagaimana cara mengubah kata kerja ke dalam kata kerja bentuk larangan yang sekarang kita pelajari kali ini. caranya cukup mudah lho, sobat tinggal ikuti cara-cara di bawah ini dan perhatikan contohnya dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Konjugasi kata kerja bentuk larangan (tidak boleh)

Pertama-tama sobat harus ubah dulu kata kerjanya ke bentuk-te, di sini saya tidak akan mengajari pengubahan bentuk-te lagi karena kalau sudah sampai sini berarti udah menguasainya, setelah itu tinggal sobat tambahkan aja kata だめ、いけない atau ならない silahkan pilih saja sendiri. Contoh :
食べる=taberu=makan → 食べてはだめ=tabete wa dame=tidak boleh makan
見る=miru=melihat → 見てはいけない=mite wa ikenai=tidak boleh melihat
なる=naru=menjadi → なってはならない=natte wa naranai=tidak boleh menjadi
話す=hanasu=berbicara → 話してはだめ=hanashite wa dame=tidak boleh berbicara
泳ぐ=oyogu=berenang → 泳いではいけない=oyoide wa ikenai=tidak boleh berenang
死ぬ=shinu=mati → 死んではならない=shinde wa naranai=tidak boleh mati
書く=kaku=menulis → 書いてはだめ=kaite wa dame=tidak boleh menulis
愛する=aisuru=mencintai → 愛してはいけない=aishite wa ikenai=tidak boleh mencintai
来る=kuru=datang → 来てはならない=kite wa naranai=tidak boleh datang
全部食べてはだめ
zenbu tabete wa dame
tidak boleh makan semuanya

Sudah mengerti bukan? Owh iya, kamu juga bisa mengubah kata いけない dan ならない ke dalam bentuk sopan negatifnya lho, ke dalam bentuk masu-kei, yaitu いけない adalah kata kerja kelompok 2 jadi negatif masu-keinya adalah いけません、ならない adalah kata kerja kelompok 1 maka bentuk masu negatifnya adalah なりません. Contoh :
逃げる=nigeru=melarikan diri → 逃げてはいけません=nigete wa ikemasen=tidak boleh melarikan diri
苦しむ=kurushimu=bersedih → 苦しんではなりません=kurushinde wa narimasen=tidak boleh bersedih
眠いときに運転してはなりません
nemui toki ni unten shite wa narimasen
tidak boleh menyetir ketika mengantuk
Dan dalam percakapan santai/sehari-hari terkadang grammar ~te wa dame/ikenai/naranai ini sering disingkat menjadi ~cha dame/ikenai/naranai. Beda dengan versi singkatan dari nakute wa dame yang bisa disingkat dan dibuang tambahan dame/ikenai/naranai nya, dalam bentuk tidak boleh ini meski disingkat tapi harus tetap menyertakan dame/ikenai/naranai nya.. Contohnya :
隠す=kakusu=menyembunyikan >> 隠しちゃだめ=kakushicha dame=tidak boleh menyembunyikan
する=suru=melakukan >> しちゃだめ=shica dame=tidak boleh melakukan
入る=hairu=masuk  >> 入ちゃいけない=haicha ikenai=tidak boleh masuk
来る=kuru=datang >> 来ちゃならない=kicha naranai=tidak boleh datang
この記事を読んじゃだめ
kono kiji o yonja dame
tidak boleh membaca artikel ini
Mengenai perbedaan だめ、いけない dan ならない, hmm, だめ dan いけない lebih sering digunakan pada percakapan, だめ lebih cenderung digunakan di percakapan santai dan いけません lebih sering digunakan dalam percakapan sopan. untuk ならない itu digunakan pada sesuatu larangan umum atau aturan umum dll.

Baca juga: Mengatakan "Harus" dalam Bahasa Jepang (~nakute wa dame/naranai/ikenai)

Nah, udah mengerti semuanya kan? Dan udah nambah lagi deh pengetahuan grammar bahasa Jepang kita^^. Selesai sudah pelajaran kita kali ini. buat sobat yang masih belum mengerti silahkan bertanya di kolom komentar, sampai ketemu lagi di lain waktu ya. bye bye.
Mengatakan "Tidak Boleh" dalam Bahasa Jepang (~てはだめ/ならない/いけない)
3 komentar

konnichiwa sensei,
mau tanya nih, dipostingan kan " g boleh makan = tabete wa dame" kalo itu d'ganti jadi "tabete wa ikenai" boleh g?

bisa, bisa di ganti jadi tabete wa ikenai atau tabete wa naranai. sama saja kok^^

Kalo larangan "dilarang merokok karena merokok akan membunuh mu " itu huruf hiragana nya gimana ya ? Makasi

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise