Menanyakan dan Menyatakan Waktu dalam Bahasa Jepang

Mina-san konbanwa^^, ima nanji desu ka? Tau nggak arti kata bahasa Jepang yang barusan riizhu ucapin apa? pasti udah pada tau kayaknya dan sepertinya ada juga yang masih nggak tau, tapi tenang aja kok, buat yang nggak tau, karna sebentar lagi kamu akan tau dan mengerti jika kamu mengikuti dan menyimak pelajaran yang akan kita pelajari malam ini.

Pelajaran malam ini adalah pelajaran tentang bagaimana caranya menanyakan waktu atau memberitahukan waktu (jam) dalam bahasa Jepang, tentu saja pelajaran ini sangatlah penting, karena dalam keseharian kita pasti selalu melihat yang namanya jam^^ baik jam dinding di rumah, jam tangan, jam di hp, di pc dan lain-lainnya♡(Ξ◕◡◕Ξ)♡.

Kita mulai dengan menghafal kosakata Jam mulai dari jam 1 hingga 12, gampang kok, tinggal tambahkan angka aja sebelum kata ji (ji berarti jam). berikut inilah kosakatanya
1時=ichiji=Jam 1
2時=niji=Jam 2
3時=sanji=Jam 3
4時=yoji=Jam 4
5時=goji=Jam 5
6時=rokuji=Jam 6
7時=shichiji=Jam 7
8時=hachiji=Jam 8
9時=kuji=Jam 9
10時=juuji=Jam 10
11時=juuichiji=Jam 11
12時=juuniji=Jam 12
※Perhatikan bahwa jam 4, 7 dan 9 adalah pengecualian
※Angka yang menandakan jam juga bisa di ganti dengan Kanji, contoh 9時=kuji bisa di tulis juga dengan 九時

Dan tentu saja supaya lebih jelas dan tepat kita pasti sering menyebutkan juga menit-menitnya kan, agak sedikit sulit sih dalam menyebutkan menit ketimbang jam bagi yang belum terbiasa karna kata 分(fun : yang berarti menit) terkadang pengucapannya berubah jadi pun di beberapa angka khusus, dan berikut adalah kosakata untuk menit:
1分=ippun=1 menit
2分=nifun=2 menit
3分=sanpun=3 menit
4分=yonpun=4 menit
5分=gofun=5 menit
6分=roppun=6 menit
7分=nanafun=7 menit
8分=happun=8 menit
9分=kyuufun=9 menit
10分=juuppun=10 menit
11分=juuippun=11 menit
20分=nijuuppun=20 menit
60分=rokujuuppun=60 menit
※Perhatikan pengecualian fun dan pun^^ dan di hafal ya

Nah bagaimana dengan detiknya? apa perlu disebutin juga?^^ kayaknya nggak perlu dulu ya, karena jarang juga disebutin detiknya saat memberitahukan Jam, kalau dibagi di sini juga nanti bisa panas otak ya(=ↀωↀ=)✧.

Oke, kosakatanya sudah di hafal, berikutnya kita akan mempelajarinya dengan kalimat-kalimat, sip mari kita mulai :

Orang Jepang biasanya menanyakan jam dengan kata "ima nanji"="jam berapa", atau versi sopanya yaitu "sumimasen, ima nanji desu ka"="maaf, sekarang jam berapa ya?". kalau jam sekarang misalnya segini 8:10 nah gimana ada yang bisa menyebutkannya dalam bahasa Jepang, dan bacaannya seperti ini nih :
今何時ですか
ima nanji desu ka
sekarang jam berapa
今、8時10分です
ima, hachi ji juuppun desu
sekarang jam delapan lewat sepuluh menit

Next, 12:12 ayo gimana bahasa Jepangnya? Yups, "juuniji juunifun", nah lalu bagaimana kalau jam gini 14:20?, juuyoji nijuppun? Yups, benar, tapi ada satu cara lagi yaitu dengan cara menambahkan menambahkan kata 午後(gogo) untuk 12 jam setelah 12 jam siang yang berarti "sore/malam" dan untuk jam 00 dini hari hingga 12 siang kita menggunakan 午前(gozen) yang berarti "pagi/siang", ini mirip dengan system AM dan PM, namun bedanya kata ini diletakan di awal. Contoh
5:40 = 午前5時40分 = gozen goji yonjuppun = jam 5 lewat 40 pagi
17:40 = 午後5時40分 = gogo goji juppun = jam 5 lewat 40 sore

Nah, udah bisa kan? Pastinya sudah bisa dong? Dan inilah beberapa kosakata pelengkap untuk pelajaran menanyakan waktu kali ini:

前(mae) : mae berarti "didepan" namun dalam menanyakan waktu, mae ini memiliki arti "kurang". biar lebih mengerti lihatlah contoh berikut ini :
3:55 = 4時5分前 = yoji gofun mae = jam 4 kurang 5 menit
4:56 = 5時4分前 = goji yonpun mae = jam 5 kurang 4 menit

半(han) : han berarti setengah, ini bisa di gunakan untuk menyatakan waktu yang udah lewat 30 menit. contoh :
5:30 = 5時半 = goji han = jam setengah 6 / jam 5 lewat setengah jam
7:30 = 7時半 = shichiji han = jam setengah 8 / jam 7 lewat setengah jam
9:30 = 9時半 = kuji han = jam setengah 10 / jam 9 lewat setengah jam
Baca juga: Grammar kara made dan hou ga yori (から~まで、ほうが~より)

Nah, gimana sobat? Sudah bisa semua kan? Oke kalau udah bisa kita udahi dulu deh pelajaran kali ini ya^^ jaa mata ne v(≧∇≦)v, oh iya nih, biar memastikan kalau udah beneran bisa, sobat boleh tes sendiri dengan cara menjawab soal-soal ini, tulis ke dalam bahasa Jepangnya:
1時23分
2時20分
3時30分
7時59分
9時30分
10時5分
6時15分
8時54分
3時50分
4時4分
Menanyakan dan Menyatakan Waktu dalam Bahasa Jepang

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner