Grammar Bahasa Jepang kara made dan hou ga yori (~から ~まで、ほうが~より)

Dalam pelajaran kali ini kita akan mempelajari tata bahasa / grammar bahasa Jepang yang saling berpasangan satu sama lain yaitu kara (から) yang sering berpasangan dengan made (まで) dan tata bahasa hou (ほう) yang berpasangan dengan kata yori (より). Oke kita bahas pasangan yang pertama dulu ya yaitu tentang kara (から) dan made (まで), benkyou o hajimemashou :

Grammar KARA dan MADE (から、まで)

から mempunyai arti "dari" dan pasangannya adalah まで yang mempunyai arti "sampai" jadi jika kamu ingin membuat kalimat "dari A sampai B" maka gunakanlah tata bahasa ini. Contoh:
家から海が見える
uchi kara umi ga mieru
laut terlihat dari rumah
友達からプレゼントをもらいました
tomodachi kara purezento o moraimashita
saya menerima hadiah dari teman
死ぬまで愛してるよ
shinu made aishiteru yo
aku akan mencintai kamu sampai mati
学校から家まで走りました
gakkou kara uchi made hashirimashita
saya berlari dari sekolah sampai ke rumah
6時から12時まで働きます
rokuji kara juuni made hatarakimasu
saya bekerja dari jam 6 sampai jam 12
Berikutnya kita akan mempelajari pasangan yang ke dua yaitu

Grammar HOU dan YORI (ほう、より)

ほう bermakna "lebih" seperti dalam kalimat "A lebih enak" dan より mempunyai arti "dari/daripada" bukan dari yang seperti から di atas ya^^, karna yang ini pasangannya adalah ほう. seperti di kalimat "A lebih baik daripada B". langsung perhatikan aja lewat contoh kalimatnya ya. :
このケーキのほうがおいしいです
kono keeki no hou ga oishii desu
kue ini lebih enak
誰よりも大切だから
dare yori mo taisetsu dakara
karena (kamu lebih) penting dari siapapun
日本語のほうが英語より難しいです
nihongo no hou ga eigo yori muzukashii desu
bahasa Jepang lebih sulit daripada bahasa Inggris
atau bisa susunannya seperti ini : 英語より日本語のほうが難しい
eigo yori nihongo no hou ga muzukashii
daripada bahasa inggris bahasa jepang itu lebih sulit
Baca pelajaran lainnya juga: Melakukan Sesuatu dengan Tidak Sengaja ~te shimau (~てしまう)

Dan bisa kalian lihat di contoh bahwa pasangan KARA,MADE dan HOU/YORI tak harus selalu bersama^^ mereka bisa digunakan walau tanpa pasangannya, ya tergantung konteks kalimat aja. gimana dengan pelajaran dua pasangan grammar yang kita pelajari kali ini? Sudah mengerti? Memang agak sulit sih^^ khususnya pemula, tapi riizhu doain semoga bisa paham deh. kalau nggak paham bisa nanya kok lewat komentar^^ oke sampai nanti ya bye bye.
Grammar Bahasa Jepang kara made dan hou ga yori (~から ~まで、ほうが~より)
1 komentar:

senpai rizhu no hou ga jouzu desu ,,,,,

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner