Grammar / Tata Bahasa kara ~made, hou ga ~yori (~から ~まで、ほうが~より) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Grammar / Tata Bahasa kara ~made, hou ga ~yori (~から ~まで、ほうが~より) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Grammar / Tata Bahasa kara ~made, hou ga ~yori (~から ~まで、ほうが~より)

Dalam pelajaran kali ini kita akan mempelajari tata bahasa / grammar bahasa Jepang yang saling berpasangan satu sama lain yaitu kara (から) yang sering berpasangan dengan made (まで) dan tata bahasa hou (ほう) yang berpasangan dengan yori (より). Ciie, kata aja berpasangan, masa kamu enggak, wkwk. Oke kita bahas pasangan yang pertama dulu ya guys ya, yaitu tentang kara (から) dan made (まで), Saa, benkyou o hajimemashou.

Pola Tata Bahasa kara ~made (から ~まで)

Kara (から) mempunyai arti "dari" dan pasangannya adalah made (まで) yang mempunyai arti "sampai" jadi jika kamu ingin membuat kalimat "dari A sampai B" maka gunakanlah tata bahasa ini. Contoh:

家から海が見える。
Uchi kara umi ga mieru.
Laut terlihat dari rumah.
友達からプレゼントをもらいました。
Tomodachi kara purezento o moraimashita.
Saya menerima hadiah dari teman
死ぬまで愛してるよ。
Shinu made aishiteru yo.
Aku akan mencintai kamu sampai mati.
学校から家まで走りました。
Gakkou kara uchi made hashirimashita.
Saya berlari dari sekolah sampai ke rumah.
6時から12時まで働きます。
Rokuji kara juuni made hatarakimasu.
Saya bekerja dari jam 6 sampai jam 12.

Berikutnya kita akan mempelajari pasangan yang kedua yaitu hou ga ~yori (ほうが~より).

Pola Tata Bahasa hou ga ~yori (ほうが~より)

Hou (ほう) bermakna "lebih" seperti dalam kalimat "A lebih enak" dan より mempunyai arti "dari/daripada" yang bermakna perbandingan. Dari sini sobat BJB pasti sudah bisa menebak pola seperti apa yang akan kita pelajari di sini Yups, yakni pola perbandingan seperti kalimat "A lebih baik daripada B" dan sebagainya. Silakan perhatikan contoh kalimatnya berikut ini:

このケーキのほうがおいしいです。
Kono keeki no hou ga oishii desu.
Kue ini lebih enak.
誰よりも大切だから。
Dare yori mo taisetsu dakara.
Karena (kamu lebih) penting dari siapapun.
日本語のほうが英語より難しいです。
Nihongo no hou ga eigo yori muzukashii desu.
Bahasa Jepang lebih sulit daripada bahasa Inggris.
atau bisa susunannya seperti ini : 英語より日本語のほうが難しい。
Eigo yori nihongo no hou ga muzukashii.
Daripada bahasa Inggris bahasa Jepang itu lebih sulit.

Bisa kalian lihat pada contoh kalimat di atas bahwa pasangan KARA ~MADE dan HOU/YORI tak harus selalu bersama. Mereka bisa digunakan walau tanpa pasangannya, ya tergantung konteks kalimatnya saja.

Oke, selesai sudah materinya. Bagaimana dengan pelajaran dua pasangan grammar yang kita pelajari kali ini? Sudah mengerti? Memang agak sulit sih^^ khususnya pemula, tapi Riizhu doain semoga bisa paham deh, tenang memahami materi ini tidak sesulit memahami isi hati si dia kok, eaaa. Kalau nggak paham bisa nanya kok lewat komentar^^ oke sampai nanti ya bye bye.

Baca Juga

1 komentar:

Pastikan menampilkan nama/username saat berkomentar, jika usernamenya "Unknown / Tidak diketahui" maka komentarnya tidak bisa ditampilkan.