Fungsi Partikel to, ya dan toka (と、や、とか) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Fungsi Partikel to, ya dan toka (と、や、とか) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Fungsi Partikel to, ya dan toka (と、や、とか)

Di pelajaran kali ini kita akan belajar tentang tiga partikel yang berguna untuk mendaftar kata benda, ya artinya seperti "dan" gitu deh, dan partikel yang dapat mendaftar kata benda atau menyebut kata benda yang setara dalam bahasa Jepang ada tiga yaitu to (と)ya (や) dan toka (とか). Seperti biasa kita akan pelajari satu persatu sesuai urutan.

Fungsi Partikel to (と)

Partikel to berfungsi untuk merantai suatu kata benda yang tentu saja bisa diartikan "dan" dalam bahasa Indonesia. Partikel ini agak mirip dengan partikel yang telah kita pelajari dulu, yakni partikel mo (も). Selain berarti "dan" partikel to (と) bisa juga berarti bersama/dengan. Contohnya:

日本の料理と韓国の料理とインドネシアの料理が好きです。
Nihon no ryouri to kankoku no ryouri to indonesia no ryouri ga suki desu.
Saya suka masakan jepang, masakan korea dan masakan Indonesia.
私は母と妹と弟と住んでいます。
Watashi wa haha to imouto to otouto to sunde imasu.
Saya tinggal bersama ibu, adik perempuan dan adik laki-laki.

Fungsi Partikel ya (や)

Partikel ya berfungsi untuk mendaftar kata benda, yups hampir sama dengan partikel と di atas artinya juga "dan" namun bedanya adalah kalau menggunakan partikel ini akan terlihat samar, artinya bisa saja ada suatu benda lain lagi yang tidak tersebutkan jadi partikel ya (や) bisa mengandung makna "dan lain-lain".  Terus sobat juga bisa menambahkan partikel nado (など) untuk lebih menguatkan manka dll-nya. Contoh:

学校で日本語の文法や単語や漢字などを勉強します。
Gakkou de nihongo no bunpou ya tango ya kanji nado o benkyou shimasu.
Di sekolah, saya belajar tata bahasa bahasa jepang, kosakata, Kanji dan lain-lain.
私の鞄の中には本や鉛筆やボルペンがあります。
Watashi no kaban no naka ni wa hon ya enpitsu ya borupen ga arimasu.
Di dalam tas saya ada buku, pensil, pulpen dan lain-lain.

Nah dalam kalimat di atas bisa saja ada hal lain yang kelupaan dan tidak tersebutkan.

Fungsi Partikel toka (とか)

Partikel toka sangat mirip sekali bahkan artinya persis seperti partikel ya (や) di atas. Karena sama-sama mengandung arti "dan" dan bisa mengandung makna "dll" juga. Bedanya dengan partikel ya (や) adalah partikel toka (とか) lebih cenderung digunakan dalam bahasa lisan/percakapan sehari-hari dan kalau partikel ya (や) lebih sering digunakan di bahasa tulisan. Contoh:

日本にいる時はウドンとかスシとかタコヤキを食べました。
Nihon ni iru toki wa udon toka sushi toka takoyaki o tabemashita.
Waktu di Jepang saya makan udon, sushi, takoyaki dll.
昨日、スーパーで肉とか野菜とか果物を買った。
Kinou, suupaa de niku toka yasai toka kudamono o katta.
Kemarin, beli daging, sayuran, buah-buahan dll.

Itulah penjelasan singkat mengenai partikel-partikel pendaftar kata, yang berarti "dan" dalam bahasa Indonesia, semoga penjelasan singkat dari Riizhu bisa dipahami oleh sobat semuanya^^ aamiin. dan sampai ketemu lagi ya di pelajaran berikutnya, tha tha.

Baca Juga

Komentar