Perbedaan Akhiran Da dan Desu (だ、です)

Mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa "partikel だ adalah versi santainya dari です", Ya, memang terlihat mirip sih, tapi tentu saja だ dan です itu sebenarnya sangatlah berbeda lho, dan di sini riizhu akan coba jelasin sedikit mengenai akhiran だ dan です ini. kita bahas yang pertama yaitu だ dulu ya baru setelah itu kita akan lanjut mempelajari です dan membandingkan persamaan dan juga perbedaannya juga.

だ berfungsi untuk mempertegas kalimat, diletakkan di akhir kalimat dan hanya digunakan untuk kata benda dan kata sifat-na positif saja, biasanya sering digunakan oleh laki-laki. Contoh :
あの女が綺麗だ
ano onna ga kirei da
cewek itu cantik
この動物は猫だよ
kono doubutsu wa neko da yo
hewan ini adalah kucing
好きな人はあなただ
suki na hito wa anata da
orang yang aku suka adalah kamu
そうだ
sou da
benar/begitu lah
田中さんは綺麗な人だ
tanaka-san wa kirei na hito da ne
tanaka adalah cewek yang cantik ya
今日は寒いだ(salah)
kyou wa samui da (salah
hari ini dingin
Dan です digunakan untuk membuat kalimat menjadi sopan, sering digunakan oleh wanita maupun pria, dan bisa digunakan ke kata benda dan kata sifat baik kata sifat-i maupun kata sifat-na. Contoh :
私はインドネシア人です
watashi wa indoneshiajin desu
saya adalah orang Indonesia
田中さんはすごいですね
tanaka-san wa sugoi desu ne
tanaka hebat ya
田中さんは綺麗な女です
tanaka-san wa kirei na onna desu
tanaka adalah perempuan yang cantik
今日は寒いです
kyou wa samui desu
hari ini dingin


Nah dari penjelasan singkat di atas bisa kita simpulkan dan lihat perbedaan antara だ dan です ini, yaitu meski sama-sama di akhir kalimat namun です bisa digunakan pada kata sifat-i dan だ tidak bisa. だ membuat kalimatnya menjadi tegas(sehingga lebih sering digunakan oleh pria) sedangkan です membuat kalimatnya menjadi sopan (kata-kata sopan bisa digunakan baik pria maupun wanita kan?^^). Oke semoga dengan postingan singkat ini bisa memberikan kepahaman tentang dua akhiran だ dan です ini^^.
Perbedaan Akhiran Da dan Desu (だ、です)
4 komentar

itu kan "da" biasa dipakai oleh pria! boleh ga dipakai oleh wanita?

boleh-boleh saja dipakai oleh wanita kok, kan "da" memiliki arti untuk menegaskan kalimat, dan bukan khusus untuk pria, tapi hanya biasanya yang lebih sering memakainya adalah pria.

あの女が綺麗だ

Napi itu 綺麗 kan kata sifat akhiran i. Kenapa bisa pake だ?

Kirei itu termasuk kata sifat-na. Coba perhatikan kanjinya, tidak diakhiri huruf hiragana い bukan? Meski secara bacaan romaji dia di akhiri huruf i tapi secara kanji tidak. Itu berarti dia adalah termasuk kata sifat-na. Kata lain yang juga termasuk kata sifat-na yang berakhiran i yaitu 有名(yuumei) ini juga tidak diakhiri hiragana い. Jadi setiap kata sifat yang tidak diakhiri hiragana い termasuk kata sifat-na (pengecualian terhadap kata 嫌い=kirai, ini termasuk kata sifat-na walau diakhiri hiragana い, selain kata ini kayaknya tidak ada lagi)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise