Menyatakan Sedang Melakukan Sesuatu dalam Bahasa Jepang ~te iru (~ている)

Doumo mina-san, jumpa lagi dengan riizhu di sini^^, kali ini kita akan belajar grammar yang sangat penting dan sering digunakan yaitu bentuk ~ている yang artinya "sedang ......" atau dalam keadaan melakukan sesuatu. kalau dalam bahasa Inggris ini disebut present continuous tense, perhatikan ini dia rumus untuk membuat grammar ~te iru.

*syarat harus mengerti dahulu caranya mengubah kata kerja ke bentuk-te

pertama ubah dulu kata kerja ke bentuk-te lalu tambahkan iru.  taberu - tabete - tabete iru.

contoh :
私は日本語を勉強している
watashi wa nihongo o benkyou shite iru
saya sedang belajar bahasa jepang
ノラガミの漫画を読んでいる
noragami no manga o yonde iru
saya sedang membaca manga noragami
今何をしているの?
apa yang sedang kamu lakukan sekarang?
寿司を食べている
sushi o tabete iru yo
saya sedang makan sushi lho
あいつを知っている
aitsu o shitte iru?
kamu (sedang) tau dia?

Pernah baca tentang masu-kei kan? Nah iru masu-keinya adalah imasu dan grammar ~te iru ini juga bisa dibuat lebih sopan menjadi seperti ini :
私は日本語を勉強しています
watashi wa nihongo o benkyou shite imasu
saya sedang belajar bahasa Jepang
ノラガミの漫画を読んでいます
noragami no manga o yonde imasu
saya sedang membaca manga Noragami
あなたと日本語で話しています
anata to nihongo de hanashite imasu
sedang berbicara dengan bahasa Jepang dengan kamu
Oh iya, dalam pembicaraan santai kadang te iru disingkat menjadi te ru saja. Contoh :
あなただけを愛してる
anata dake o aishiteru yo
aku hanya mencintai kamu

Jika kata kata kerja bentuk te iru diubah ke negatif dan di tambahkan まだ di awalnya maka akan bermakna "masih belum....." contoh :
まだ決まっていません
mada kimatte imasen
masih belum diputuskan
私は漢字をまだ勉強していない
watashi wa kanji o mada benkyou shite inai
saya masih belum belajar kanji

Terkadang juga sobat kemungkinan akan mendengar grammar te orimasu, dan ini adalah sama saja dengan te iru cuma -te orimasu nuansanya menghormati lawan bicara(merendahkan diri), anggap saja ておる adalah variasi dari ている dan dari pandangan riizhu pribadi nih, jarang banget bahkan kayaknya nggak pernah ketemu sama te oru dalam bentuk kamus, seringnya dalam bentuk masu-kei yaitu te orimasu karna bahasa ini cenderung bernuansa menghormati kan, karakter sebastian di anime kuroshitsuji sering gunain pola ~te orimasu^^.
Contoh :
お車の用意をできております
okuruma no youi o dekite orimasu
mobilnya sudah disiapkan (arti literal: persiapan mobil sedang bisa dilakukan)
Baca postingan lainnya: Memberi dan Menerima dalam Bahasa Jepang ageru, kureru, morau (あげる、くれる、もらう)

Itulah pelajaran grammar ~te iru kita kali ini^^, semoga mudah dimengerti ya, moshi mada wakatte inakereba shitsumon shinasai, jika belum ngerti silahkan nanya^^.
Menyatakan Sedang Melakukan Sesuatu dalam Bahasa Jepang ~te iru (~ている)
4 komentar

Min, kalau irunya diubah jadi ite itu artinya apa. Misalnya, matteru jadi mattete. Matteru, kan sedang menunggu, kalau mattete?

Rizhu-san, kalau misalnya "帰ろ" ditambahkan "かな" itu apa artinya yah?

Artinya tunggulah. Kata suruhan untuk menunggu.
Dan bisa juga berarti menjadi rantai kata/rantai kalimat. Setelah bentuk te ada kalimat atau kata lainnya lagi.

Fungsi dari partikel kana itu adalah untuk menyatakan keragu-raguan, jadi kita menyebutkannya tidak begitu yakin.

kaeru kana
aku pulang aja gak ya... hmm

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner