Arti から(kara) di Berbagai Situasi (Dari, Setelah dan Karena)

Kinou, yakusoku shita kara "Kara" ni tsuite posuto shite agemasu. Seperti janji riizhu yang kemarin, di sini riizhu akan membahas khusus tentang kata から yang bisa bermakna tiga hal yaitu dari, setelah dan karena. nah lalu bagaimana cara membedakan atau mengetahui arti から yang mana yang sedang kita baca/maksudkan di dalam suatu kalimat.

Mari kita belajar sama-sama bagaimana cara mengetahui arti beberapa arti から dan di situasi tertentu から tersebut berarti apa kita bahas yang paling mudah dimengerti dulu yaitu から yang mempunyai arti "Setelah".

1. Cara Mengetahui から yang Mempunyai Arti "Setelah" : ini cukup mudah lho sobat semudah membalikkan telapat kaki(笑), pasti sobat cepet mengerti deh, から yang berarti "setelah" yaitu から yang muncul setelah kata kerja bentuk-te, tau kata kerja bentuk-te kan^^ contohnya seperti ini :
朝御飯を食べてから学校に行きますよ
asagohan o tabete kara gakkou ni ikimasu yo
setelah sarapan saya pergi ke sekolah.
Jadi kara yang muncul setelah kata kerja bentuk-te arti bahasa Indonesianya adalah "SETELAH". mina-san wakarimashita ka^^ kitto wakarimashita ne.

2. から yang Berarti "Karena" : sepertinya kara yang ini sudah dibahas seluruhnya di dalam materi menyatakan sebab menggunakan から dan ので, tapi di sini riizhu akan kasih tau lagi deh dalam situasi apa から artinya "KARENA". Situasinya adalah jika から muncul setelah kata kerja selain bentuk-te dan kata sifat-i. Contohnya :
働くからパーティに行かない
hataraku kara paati ni ikanai
karena kerja jadi nggak pergi ke pesta
今働いているから家に帰らない
ima hataraite iru kara uchi ni kaeranai
karna sekarang sedang kerja jadi nggak bisa pulang kerumah
約束したから勝たなくてはならない
yakusoku shita kara katanakute wa naranai
karena aku udah janji jadi aku harus menang
親切や美しいから彼女が大好きだよ
shinsetsu ya utsukushii kara kanojo ga daisuki da yo
saya menyukainya karena dia baik dan cantik
Jika ingin menggunakan から yang berarti "karena" pada kata benda atau kata sifat-na maka sobat harus menambahkan partikel だ sebelum から jadinya kata sifat-na/kata benda+だから. Contohnya :
彼は日本人だから日本語が出来ます
kare wa nihonjin dakara nihongo ga dekimasu
karena dia orang Jepang makanya bisa bahasa Jepang.
YUIさんが有名だからファンスが多い
YUI-san ga yuumei dakara fansu ga ooi
karena YUI-san terkenal jadi banyak fansnya
Dan setiap kata ですから maka artinya sudah pasti adalah KARENA.

3. から yang berarti Dari : nah, setelah membaca dua から di atas harusnya sobat juga mengetahui から yang ketiga ini yaitu yang arti bahasa Indonesianya "DARI" yaitu diartikan "dari" jika から tidak di dua situasi yang telah disebutkan di atas, tidak muncul setelah kata kerja bentuk apapun, dan tidak muncul beserta partikel だ. Contoh :
家から海が見える
uchi kara umi ga mieru
laut terlihat dari rumah 
Biasanya sih から yang berarti DARI ini selalu muncul berdampingan dengan kekasih setianya yaitu まで yang artinya SAMPAI, nggak tau deh yang mana yang cowok dan yang mana yang cewek :D pokoknya yang penting mereka berdua itu berpasangan wkwkw. Contohnya :
11時から5時まで寝ます
juuichi ji kara goji made nemasu
saya tidur dari jam 11 sampai jam 5
家から学校まであるきます
uchi kara gakkou made arukimasu
saya berjalan dari rumah ke sekolah

Itulah beberapa arti kara di berbagai situasi^^ semoga membantu dan bisa bermanfaat buat sobat semuanya. eh iya ada satu から lagi nih yang memiliki arti berbeda di bahasa Indonesianya yaitu いつから=itsukara yaitu artinya adalah "sejak kapan". Itsu kara nihongo o benkyou shimashita ka? Sejak kapan kamu belajar bahasa Jepangnya? Oke sudah dulu ya^^ jikai mo tanoshimi ni, bye bye.
Arti から(kara) di Berbagai Situasi (Dari, Setelah dan Karena)
1 komentar:

Kalau kara yang diletakkan di akhir kalimat itu fungsinya apa ya?

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner