Strategi Belajar Bahasa Jepang yang Efektif

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu itulah yang dijelaskan oleh wikipedia tentang strategi. Tentu saja dalam melakukan apapun kita membutuhkan yang namanya strategi atau taktik untuk melancarkan suatu misi kita, begitu juga dengan belajar bahasa Jepang kita juga harus mempunyai strategi jitu dan efektif agar cepat bisa berbahasa Jepang jangan hanya belajar asal-asalan, karena tidak akan cepat berhasil kalau kita tidak memiliki yang namanya strategi.

Di sini riizhu akan coba bagikan strategi efektif untuk belajar bahasa Jepang khususnya para pelajar otodidak nih, riizhu akan coba susun sebuah strategi efektif belajar Bahasa Jepang sesuai pengalaman riizhu selama belajar nihongo^^, Strategi riizhu adalah mirip atau bisa dibilang terinspirasi dari permainan bermain sebuah game RPG, langsung aja kita liat strategi jitu dari riizhu ini.

Pertama-tama kita harus tau dulu di dalam kelas mana bahasa Jepang kita, kalian bisa mengukur-ngukur aja sendiri ada di kelas mana kalian, di sini riizhu akan coba membuat 3 klasifikasinya yaitu Pemula, Intermediate dan Expert. Perhatikan levelmu dan perhatikan juga strategi apa yang harus dilakukan. kita mulai yang pertama.

1. Pemula : di sini dimana kalian baru memulai atau sebut saja masih LV1 kalau di game RPG jadi masih belajar yang dasar-dasar yaitu huruf hiragana, katakana dan kanji sederhana/sering muncul, kosakata umum dan salam-salam sehari-hari, grammar umum yang digunakan sehari-hari. dan jangan dipaksakan untuk belajar hal-hal sulit dulu, bersabarlah, terus pelajari hal-hal dasar dulu hingga kita sudah benar-benar siap untuk melanjutkan pelajaran tingkat menengah. Seperti main game RPG saat kita masih level rendah, gak mungkin kan kita langsung berjalan-jalan ke map yang musuh-musuhnya sudah kuat, yang ada malah babak belur kitanya dan mati terus wkwk.

2. Menengah : Nah setelah kamu benar-benar menguasai dasar-dasarnya (udah level up ceritanya jadi harus mencoba melawan musuh kuat agar experience-nya cepet nambah) baru mulai mempelajari materi-materi yang sulit, seperti grammar kelas N3 hingga N2 dan sudah siap belajar banyak kanji sampai benar-benar menguasai semua kyouiku kanji (jumlahnya ada 1006) dan juga mulai siap untuk belajar pelajaran Expert.

3. Expert : Nah di kelas expert ini kamu udah dianggap bisa dan jago dah level tinggi, dan di sini juga kamu harus sudah terbiasa dengan bahasa Jepang, kamu sudah menggunakan bahasa Social mediamu dengan bahasa Jepang, sudah bisa memahami sebuah pemahaman grammar walau dijelaskan dengan bahasa Jepang. Saat sudal level ini mungkin kamu harus berganti belajar grammar di situs-situs yang juga menggunakan penjelasan dengan bahasa Jepang karena situs yang memberikan penjelasan dengan bahasa Jepangnya ada banyak dan mudah ditemui dan tentunya lengkap selain itu secara tidak langsung juga kamu akan belajar mempraktekkan bahasa Jepang sobat^^ jangan terus-terusan melawan musuh yang levelnya rendah, exp-nya gak akan kerasa, dan level kita bakal lama naiknya bahkan mungkin saja akan stuck di situ-situ aja, lawanlah musuh yang juga setara dengan levelmu. Jadi intinya jika sudah sampai level ini, maka banyak-banyaklah praktik, bukan belajar lagi dan sudah tidak bergantung dengan bahasa ibu kita lagi untuk memahami kalimatnya^^.


Oke itu aja, Strategi Jitu Belajar Bahasa Jepang yang bisa riizhu berikan, intinya kamu harus memahami betul bagaimana dirimu, dan kamu juga harus tau metode belajar mana yang paling bagus buat level bahasa Jepangmu yang sekarang, kalau masih pemula ya harus belajar yang dasar-dasar dulu jangan langsung yang sulit-sulit kalau kamu maen game saat di awal maka kamu akan lewatin dulu map-map yang musuhnya lemah kan? Buat mendapat exp terus kalau sudah siap baru ke map-map yang musuhnya lebih sulit dan bahkan ada musuh yang sangat kuat tingkat dewa hihi^^ kalau ada musuh yang terlalu kuat jadi semangat main gamenya dan semangat ningkatin levelnya agar suatu saat bisa menaklukkan sang musuh tingkat dewa tersebut.Nah begitu juga bahasa Jepang. Sobat harus tau juga taktik yang harus sobat siapkan khususnya buat pelajar otodidak yang bisa dibilang tidak mempunyai patokan pelajaran mana yang harus dipelajari duluan(dasar) dan pelajaran mana yang dianggap rumit. Baiklah itu saja deh strategi bermain game RPG Belajar Bahasa Jepang dari riizhu mudah-mudahan sobat semua mengerti yang riizhu sampaikan ya, kalau sobat punya juga strategi/tips dan trik belajar bahasa Jepang silahkan share juga dong^^ lewat komentar ya. hehe.
Strategi Belajar Bahasa Jepang yang Efektif
1 komentar:

ありがとうございます。私は日本語を勉強しています^^

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner