Konjugasi Kata Kerja Bahasa Jepang Bentuk stem/akar (連用形)

Kita masih berada di pelajaran dasar bahasa Jepang, Kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengubah kata kerja bahasa Jepang ke bentuk akar atau biasa disebut bentuk stem atau istilah bahasa Jepangnya disebut 連用形(ren'youkei) . Baiklah sebaiknya kita langsung saja mempelajari konjugasi verba bahasa Jepang bentuk stem/akar ini.

Cara mengubah kata kerja ke bentuk stem/akar/renyoukei : caranya tidak begitu sulit kok^^, seperti biasa pemahaman kelompok-kelompok kata kerja dibutuhkan di sini, jadi untuk memahami konjugasi kata kerja sobat diharuskan udah mengetahui pembagian-pembagian kelompok kata kerja dalam bahasa Jepang, buat sobat yang belum mengerti tentang kelompok-kelompok kata kerja silahkan buka → Kelompok kata kerja dalam bahasa Jepang. oke kalau sudah paham mari kita pelajari aturan konjugasinya.

  1. Pertama untuk kata kerja kelompok 1 dulu yaitu yang berakhiran-u. cara konjugasinya tinggal ubah saja huruf hiragana di akhir kata kerjanya yang berakhiran bunyi-u ke dalam bunyi-i misalnya : 読む(yomu) maka menjadi 読み(yomi), 買う(kau) → 買い(kai)、話す(hanasu) → 話し(hanashi) gampang kan sob^^.
  2. Kedua untuk kata kerja akhiran-ru maka sobat tinggal buang saja huruf ru di akhir kata kerjanya misalnya : 食べる(taberu) → 食べ(tabe)、見る(miru) → 見(mi)、疲れる(tsukareru) → 疲れ(tsukare) lebih gampang kan?^^.
  3. Dan terakhir yaitu kata kerja kelompok tiga(irreguler) yaitu suru dan kuru, untuk する(suru) menjadi し(shi) dan くる(kuru) menjadi き(ki). Oke selesai^^ 
Itulah aturan konjugasi untuk mengubah kata kerja ke bentuk stem. fungsinya buat apa? Hmm, bisa dilihat dari arti istilahnya 連用形=bentuk sambung, yups kata kerja bentuk ini fungsinya agar bisa disambung dengan bunpou/grammar lainnya seperti renyoukei+nasai, renyoukei+sugiru, renyoukei+nagara, renyoukei+masu, renyoukei+kaneru, o+renyoukei+nasaru dan masih banyak lagi, pokoknya konjugasi ini adalah pondasi buat sobat untuk mempelajari konjugasi atau bunpou yang lebih tinggi/sulit lagi^^, oke seperti biasa, akan riizhu kasih kesimpulannya nih dan riizhu kasih juga doa semoga sobat yang sedang belajar cepat pandai ya^^ Kesimpulan konjugasi bentuk stem (renyoukei) :
Kata kerja bentuk kamus
Kata kerja bentuk stem/akar
kata kerja kelompok 1/godan doushi
hanasu
hanashi
hashiru
hashiri
nomu
nomi
tobu
tobi
tsukau
tsukai
kata kerja kelompok 2/ichidan doushi
taberu
tabe
miru
mi
kikoeru
kikoe
kata kerja kelompok 3/fukisoku doushi
suru
shi
kuru
ki
Konjugasi Kata Kerja Bahasa Jepang Bentuk stem/akar (連用形)
3 komentar

Kayaknya ralat tuh Tsukai
Tsukau jadi Tsukai kan..

iya, tq infonya, sudah di edit

kalo bentuk stem + agre penjelasannya gimana ya? misal : tachiagare(berdiri), machiagare(tnggu)? Sering denger nih di anime..

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise