Konjugasi Kata Benda (Nomina) dalam Bahasa Jepang

Saatnya kita mulai belajar tentang grammar atau tata bahasa Jepang, untuk pelajaran dalam postingan ini kita akan membahas tentang konjugasi-konjugasi untuk nomina / kata benda, langsung saja kita meluncur ke topiknya yaitu mengenai konjugasi nomina dalam bahasa Jepang.

Nomina dalam bahasa Jepang disebut meishi(名詞) dan konjugasinya sangat-sangatlah gampang, riizhu yakin pasti sobat BJB cepat menguasai grammar ini, dan grammar ini sangat penting jadi mohon diperhatikan dan pelajari baik-baik buat yang pemula, buat yang udah jouzu di-skip aja atau boleh memberi masukan^^.

Konjugasi kata benda/nomina Bahasa Jepang
  • Merubah nomina menjadi negatif : untuk mengubah nomina ke bentuk negatifnya kalian tinggal menambahkannya kata janai (じゃない) setelah nominanya contoh : neko(猫)=kucingneko janai(猫じゃない)=bukan kucing, ini berlaku juga untuk kata sifat-na lho, tapi sebaiknya kita pelajari tentang kata sifat dipostingan yang akan datang ya.
  • Merubah nomina ke bentuk lampau : untuk mengubah nomina ke bentuk lampau sama mudahnya dengan yang di atas tadi, sobat tinggal tambahkan kata datta(だった) setelah nominanya. contoh : kodomo(子供)=anak-anakkodomo datta(子供だった)=dulu anak-anak.
  • Merubah nomina ke bentuk negatif lampau : untuk mengubah nomina ke bentuk negatif lampaunya sobat ubah dulu ke bentuk negatifnya sakana →sakana janai kemudian ganti huruf akhiran i dengan katta. contohnya sakana(魚)=ikan →sakana janai(魚じゃない)=bukan ikan →sakana janakatta(魚じゃなかった)=tlh/dulu bukan ikan.

Oh iya, ada juga konjugasi nomina versi sopannya untuk negatif sopannya adalah tambahkan じゃありません atau ではありません karna versi sopannya ない adalah ありません kan? Untuk konjugasi lampau ditambah でした, dan untuk versi sopan konjugasi nomina negatif lampau adalah nomina ditambah では/じゃありませんでした.

Sudah paham?^^ atau masih bingung? Tenang karena riizhu orangnya baik hati, suka menolong dan rajin menabung jadi akan riizhu buatin kesimpulannya nih, lihat kesimpulannya di bawah ini :

Konjugasi Nomina Bahasa Jepang
positif negatif lampau negatif lampau
inu inu janai inu datta inu janakatta
inu inu dewa arimasen inu deshita inu dewa arimasen deshita
*merah adalah konjugasi nomina bentuk biasa
*biru adalah konjugasi nomina bentuk sopan
Ok, selesai sudah pelajaran hari ini^^, semoga postingan ini bisa membantu dan memberi manfaat, dadah, sampai ketemu lagi di postingan berikutnya ya, jaa ne.
Konjugasi Kata Benda (Nomina) dalam Bahasa Jepang

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise