Cara Mengubah Kata Kerja Bahasa Jepang ke dalam Bentuk-te (te-kei) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Cara Mengubah Kata Kerja Bahasa Jepang ke dalam Bentuk-te (te-kei) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Cara Mengubah Kata Kerja Bahasa Jepang ke dalam Bentuk-te (te-kei)

Hello, jumpa lagi bersama Riizhu^^ mari belajar grammar bahasa Jepang lagi yuk! Yuk mari, kali ini kita akan belajar tentang cara mengubah kata kerja ke dalam bentuk-te (te-kei) caranya tidak berbeda jauh dengan cara mengubah kata kerja ke bentuk-ta yang kemarin Riizhu share, tinggal ganti akhiran a dengan e saja sebenarnya^^ kita mulai belajarnya yuk.

Apa sih kegunaan kata kerja bentuk-te ini? Nah mungkin ada yang nanya seperti itu, kegunaan bentuk-te itu banyak sekali, bisa untuk merantai kata kerja, bisa buat kata kerja progressive kalau ditambah dengan iru, bisa menjadi suruhan kalau ditambah kudasai/kureru/choudai, bisa menjadi larangan kalau ditambah wa ikenai/naranai/dame dan masih banyak lagi deh kalau disebutin semua juga mungkin sobat yang masih pemula masih belum mengerti dan tenang aja insya Allah semuanya akan kita pelajari di sini kok^^ jadi untuk sekarang anggap saja bentuk-te itu untuk menderet/merantai kata kerja atau kalimat.

Di sini semuanya sudah Riizhu anggap sudah bisa membedakan kelompok-kelompok kata kerja yang telah kita bahas dengan detil di postingan yang lalu. Jadi di sini pengetahuan tentang kelompok kata kerja diperlukan dan tidak dijelaskan lagi di sini (sudah dianggap bisa) buat yang belum tahu kelompok kata kerja baca lagi ya kelompok kata kerja bahasa Jepang. Oke buat yang sudah mengerti tentang kelompok-kelompok kata kerja mari kita pelajari cara mengkonjugasikan kata kerja ke bentuk-te.

Pertama kita akan mengubah kelompok yang paling susah dulu yaitu kata kerja kelompok 1 atau disebut godan doushi.

1. Cara mengubah godan doushi ke dalam bentuk-te:
  • Untuk akhiran つ (tsu)、る (ru)、う (u) gantilah kata tersebut dengan って (tte). Contohnya: 待つ (matsu) → 待って (matte), 作る (tsukuru) → 作って (tsukutte), 使う (tsukau) → 使って (tsukatte).
  • Untuk akhiran む (mu)、ぶ (bu)、ぬ (nu) gantilah kata tersebut dengan んで (nde). Contohnya: 飛ぶ (tobu) → 飛んで (tonde)、読む (yomu) → 読んで (yonde)、 死ぬ (shinu) → 死んで (shinde). 
  • Untuk tiga yang terakhir adalah く (ku) ganti dengan いて (ite)、ぐ (gu) ganti dengan いで (ide)、dan す (su) ganti dengan して (shite). Contohnya : 書く (kaku) → 書いて (kaite)、泳ぐ (oyogu) → 泳いで (oyoide)、話す → 話して (hanashite).
  • *Khusus kata 行く (iku) maka menjadi 行って (itte)

Itu dia cara mengubah kelompok 1 ke bentuk-te, berikutnya adalah kelompok 2/ichidan doushi yang kita ubah kebentuk-te.

2. Cara mengubah ichidan doushi ke bentuk-te:

Kalau ini cukup mudah sobat, sobat BJB tinggal ubah saja akhiran る (ru) dengan て (te). Contohnya: 見る (miru)→ 見て (mite)、食べる (taberu)→ 食べて (tabete)、捨てる (suteru)→ 捨てて (sutete)、助ける (tasukeru)→ 助けて (tasukete).

Mudah bukan? Hehe, next yang terakhir dan cukup mudah juga.

3. Cara mengubah fukisoku doushi ke bentuk-te:

Dalam kelompok ini yang perlu diperhatikan cuma dua doushi (kata kerja) saja yaitu する dan 来る dan seperti inilah perubahan ke bentuk-te nya: する (suru) → して (shite)、来る (kuru) → 来て (kite) cukup itu aja.

Eh iya, kata kerja negatif juga bisa diubah ke bentuk-te lho! Mau tahu caranya? Gini nih caranya: sobat cukup mengganti akhiran い (i) dengan くて (kute) saja^^. Contohnya: 食べない (tabenai) bentuk-te negatifnya adalah 食べなくて (tabenakute), 走らない (hashiranai) menjadi 走らなくて (hashiranakute) hehe gampang banget kan^^.

Cukup itu aja^^ jika sobat menguasai bentuk-te ini maka ini akan menjadi bekal penting sobat untuk menguasai grammar bahasa Jepang tingkat menengah.

Berikut ini tabel kesimpulan dari materi kita hari ini.
http://bahasajepangbersama.com
Konjugasi kata kerja ke bentuk-te
kata kerja biasa kata kerja bentuk-te
Godan doushi/kk 1
tsukau tsukatte
katsu katte
tsukuru tsukutte
yomu yonde
asobu asonde
shinu shinde
kaku kaite
kagu kaide
hanasu hanashite
Ichidan doushi/kk 2
taberu tabete
miru mite
Fukisoku doushi/kk 3
suru shite
kuru kite
Untuk negatifnya tinggal ganti akhiran i dengan kute. Misalnya: minai : minakute

Oke, bye bye, semoga cepet mengertinya ya, ganbatte sobat BJB semuanya dan sampai berjumpa lagi di postingan berikutnya^^ jaa na.

Baca Juga

7 komentar:

  1. maaf min, bentuk ~te ini untuk sopan nya gimana??

    BalasHapus
  2. maaf min mau nanya, ini rujukan atau buku referensi dari mana ya ? pengen baca.. .
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
  3. min, maaf ada yang perlu diralat mungkin. di bagian 1. cara mengubah godandoushi yang contoh ( 作る(tsukuru) → 作って(matte) ) perubahannya kok sama dengan yang matsu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, salah romajinya^^. Sekarang sudah dibenerin, makasih udah ngasih tau

      Hapus
  4. Bedain itu kk1 sama kk2 di akhir kata "ru" gmna min? Kan tsukuru jdi tsukutte, taberu jadi tabete,miru jdi mite

    BalasHapus
    Balasan
    1. KK2 biasanya akhirannya iru atau eru. Kalau KK1 biasanya selain dari itu.

      Hapus
  5. sensei bentuk nai nya bukan kaya gini ya

    見てない
    atau tetap
    見てなくて?

    BalasHapus

Pastikan menampilkan nama/username saat berkomentar, jika usernamenya "Unknown / Tidak diketahui" maka komentarnya tidak bisa ditampilkan.